4 Jenis Jahitan Kaos Wajib Kamu Ketahui


BELI SEKARANG

4 Jenis Jahitan Kaos Wajib Kamu Ketahui – Kaos merupakan jenis pakaian yang menutupi sebagian lengan, seluruh dada, bahu, dan perut. Kaos polos biasanya tidak memiliki kancing, kerah, ataupun saku. Pada umumnya, kaos oblong berlengan pendek melewati bahu hingga sepanjang siku dan berleher bundar. Bahan yang umum digunakan untuk membuat kaos polos adalah katun atau polyester atau gabungan keduanya.

Jahitan Kaos

Model kaos polos meliputi model untuk wanita dan pria, dan dapat dipakai semua golongan usia, termasuk bayi, remaja, maupun orang dewasa. Kaos polos pada awalnya digunakan sebagai pakaian dalam. Sekarang kaos polos tidak lagi hanya digunakan sebagai pakaian dalam tetapi juga sebagai pakaian sehari-hari.

T-Shirt atau kaos pada awalnya digunakan sebagai pakaian dalam tentara Inggris dan Amerika pada abad 19 sampai awal abad 20. Asal muasal nama inggrisnya, T-shirt, tidak diketahui secara pasti. Teori yang paling umum diterima adalah nama T-shirt berasal dari bentuknya yang menyerupai huruf “T”, atau dikarenakan pasukan militer sering menggunakan pakaian jenis ini sebagai “training shirt”

Masyarakat umum belum mengenal menggunakan kaos atau T-Shirt dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan, para tentara yang mengenakan kaos polos tanpa desain ini pun hanya menggunakannya ketika udara panas atau aktivitas-aktivitas yang tidak menggunakan seragam. Ketika itu warna dan bentuknya model itu-itu saja. 

Jenis – Jenis Jahitan Kaos Wajib Diketahui

Jenis jahitan rantai biasanya diaplikasikan pada bagian pundak kaos untuk membuatnya lebih kuat dan tahan lama. Seperti namanya bahwa bentuk dari jahitan rantai yaitu seperti rantai yang bisa kamu lihat pada bagian pundak kaos atau bagian belakang leher.

Jahitan rantai memiliki keunggulan yaitu sangat rapi dan juga lebih awet sehingga kaos tidak mudah sobek. 

Jahit lurus digunakan untuk menjahit lurus, jarang digunakan pada kaos standar distro, seringnya digunakan untuk menumpuk jahitan obras di kaos partai dan biasanya digunakan untuk menjahit kemeja.

Jahitan overdeck adalah jahitan dibuat dengan mesin jahit overdeck dan overdeck high speed. Jahitan overdeck paling umum diaplikasikan pada bagian lengan kaos atau pada bagian bawah kaos. Untuk menghasilkan jahitan overdeck umumnya menggunakan tiga benang serta dua jarum dalam proses menjahit. Jenis jahitan yang cukup umum digunakan untuk membuat kaos distro berkualitas karena membuatnya lebih awet dan tidak mudah sobek.

Mesin overdeck bisa menjadi salah satu jahitan yang disebut jahit kumis. Jahitan jenis overdeck bisa menggunakan 2 jarum dan 3 benang. Sedangkan jahitan overdeck kumis menggunakan 3 jarum dan 5 benang.

Jahit Obras, digunakan untuk menggabungkan dua potongan menjadi satu misal menggabungkan rib (kerah) dengan potongan kain di badan dan juga potongan badan dengan potongan tangan dengan hasil jahitan pada bagian samping atas ke bawah.  

Jenis jahit obras menggunakan 3 benang, 4 benang,  5 benang dan menggunakan 1 atau 2 jarum. Kaos yang baik biasanya menggunakan jahit obras dengan 4 benang dan 2 jarum.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : info@knitto.co.id

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur

Baca Juga :  Sebelum Memilih Jaket Hoodie, Kenali Dulu Bahan Hoodie Yang Bagus