5 Cara Merawat Kaos Sablon Plastisol


BELI SEKARANG

5 Cara Merawat Kaos Sablon Plastisol – Kaos adalah pakaian yang tidak pernah lekang oleh zaman. Dengan desain simple yang dimiliki kaos dan bisa dipakai oleh siapapun, sehingga tidak heran jika hampir semua orang memakainya.

5 Cara Merawat Kaos Sablon Plastisol

Terlebih kaos seringkali dijadikan pilihan untuk baju main ataupun  untuk santai. Berhubung kaos menjadi baju yang lebih sering dipakai, maka dari itu kita harus merawat dengan baik sesuai bahan yang digunakan. Tujuan merawatnya agar dapat dipakai dalam waktu lama.

Saat ini hampir setiap baju kaos khususnya baju kaos distro menggunakan sablon plastisol untuk dekorasi desain gambarnya. Sablon plastisol di gadang-gadang sebagai sablon terbaik saat ini karena detailnya sangat bagus, awet tidak mudah pudar dan kualitasnya pun bagus.

Berikut ini minto akan memberikan informasi – 5 Cara Merawat Kaos Sablon Plastisol.

 

  •  Cuci Menggunakan Tangan

Cara merawat kaos sablon plastisol agar awet pertama berhubungan dengan teknik pencucian. Pastikan untuk mencuci menggunakan tangan dan menghindari pemakaian mesin cuci.

Dengan mencuci memakai tangan atau secara manual, seseorang bisa memilih bagian mana yang dirasa berbahaya jika ditekan terlalu keras. Ini tentu tidak bisa dilakukan ketika mencuci menggunakan mesin cuci. Alat tersebut akan membersihkan ke setiap bagian secara merata. Nantinya ini berpotensi merusak bagian sablon plastisol.

Saat mencuci memakai tangan, perhatikan waktu perendaman pakaian. Jangan sampai perendamannya lebih dari 15 menit. Ketika waktu perendamannya terlalu lama, sablonan berpotensi luntur. Selain itu, kualitas kain juga akan mengalami penurunan.

Mencuci menggunakan tangan pasti membutuhkan sikat sebagai alat bantu. Disinilah cara merawat kaos sablon plastisol agar awet memiliki poin khusus. 

Menyikat pakaian adalah hal yang diperbolehkan. Namun hindari sablonan ketika prosesnya dilakukan. 

Ketika sablonan plastisol disikat, besar kemungkinan sablonannya akan terkelupas. Ini tentu berbahaya karena sablonan yang terkelupas tidak akan bisa kembali seperti semula.

Memang ada beberapa jenis plastisol yang tidak langsung terkelupas ketika disikat. Namun ketipisannya pasti akan tetap menurun sehingga proses menyikat tetap perlu dihindari. Dibandingkan menyikat, akan lebih baik jika pembersihan dilakukan cukup dengan menguceknya saja.

  •  Cara Menjemur Sablon Plastisol

Cara merawat kaos sablon plastisol agar awet selanjutnya ada pada tips menjemur. Ketika menjemur, pastikan untuk membalikan pakaian.

Teknik ini diperlukan agar sablon tidak terkena sinar matahari langsung. Sinar matahari memang tidak langsung merusak.

Hanya saja, sinar matahari langsung berpotensi menyebabkan kualitas warna pada sablon menurun. Oleh sebab itu, lebih bijak jika menjemurnya secara terbalik.

  •  Jangan Sampai Sablon Menempel

Sablon yang menempel juga mendapat perhatian khusus dalam cara merawat kaos sablon plastisol agar awet. Ini biasanya dilakukan saat pakaian ditarik dari jemuran.

Ketika mengambil pakaian dari jemuran, beberapa orang sering menumpuknya secara asal lalu mendiamkannya dalam waktu lama. 

Ketika kaos didiamkan dengan kondisi sablonnya menempel, besar kemungkinan keduanya akan sulit dilepas. Jika dipaksakan, bukan tidak mungkin sablon tersebut akan robek.

Cara merawat kaos sablon plastisol agar awet terakhir adalah dengan menghindari setrika langsung. Tidak masalah sablon tersebut kusut daripada rusak sehingga visualnya menjadi tidak menarik.

Sebenarnya setrika masih bisa dilakukan. hanya saja perlu ada kain yang ditempatkan di atas sablonan. Cara ini membuat panas pada setrika sampai ke sablonan tetapi masih terhalang oleh kain.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : info@knitto.co.id

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur

Baca Juga :  Perbedaan Bahan Kaos Cotton Carded dan Hyget