5 Kelebihan dan Kelemahannya Untuk Kaos

5 Kelebihan dan Kekurangan T-shirt – Mempercantik kaos dengan menggunakan teknik sablon Plastisol untuk mencetak gambar atau tulisan, seringkali dipilih oleh para pengusaha kaos untuk memberikan daya tarik kaos dan memberikan nilai jual yang lebih tinggi.

Selain sablon plastisol juga banyak jenis sablon dengan teknik manual lainnya yang bisa digunakan seperti Rubber, Superwhite, Flocking, dan lain sebagainya.

Ada juga beberapa jenis sablon digital yang bisa Anda gunakan seperti DTG, DTF, Sublimation dan lain-lain.

Saat ini masih banyak para pelaku bisnis dan produsen kaos yang masih menggunakan sablon plastisol untuk mencetak gambar pada kaos, karena sablon dengan teknik plastisol masih digunakan.

Mau tahu apa saja kelebihan dan kekurangan sablon plastisol agar tetap dipakai? Simal artikel ini sampai habis ya.

Definisi Sablon Plastisol

Sablon plastisol adalah teknik sablon yang menggunakan tinta berbahan dasar minyak atau oil based. Kualitas tinta plastisol ini sangat bagus, kuat dan tidak mudah kering.

Hasil sablon yang dihasilkan bisa menyerupai atau sama persis dengan gambar aslinya, efek warna yang Anda dapatkan berkualitas baik.

Kelebihan dan Kekurangan Sablon Plastisol untuk Kaos

Kita semua tahu jika setiap jenis sablon baik sablon manual maupun sablon digital memiliki kekurangan dan kelebihannya termasuk juga dengan sablon plastisol.

Sebelum menggunakan jenis sablon berbahan dasar minyak ini, sebaiknya ketahui dulu kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan Sablon Plastisol untuk Kaos

  • Keunggulan yang pertama adalah sablon ini memiliki daya tahan atau durabilitas yang sangat baik.
  • Kualitas tinta sablon sangat bagus, kuat, dan tidak mudah terkelupas karena tinta akan menempel kuat di baju. Sablon ini tidak akan mudah rusak meskipun sudah dicuci berulang kali.
  • Warna sablon yang dihasilkan lembut dan tidak mencolok, terlihat cerah dan tidak kusam.
  • Merawat kaos plastisol tidaklah sulit.
  • Karena tinta tidak mudah kering, ketika terjadi kesalahan pada saat proses pencetakan akan mudah untuk diperbaiki.
  • Sablon jenis ini cocok untuk desain yang ketat dan kecil, detailnya akan maksimal.
  • Sablon yang dihasilkan bisa menyerupai atau sama persis dengan gambar aslinya.
Baca Juga :  Sebelum Beli Baju Online, Kenali Dulu 7 Jenis Bahan Kain Baju Ini

Kelemahan Sablon Plastisol untuk Kaos

  • Biaya produksi atau biaya sablon dengan teknik sablon Plastisol memang lebih mahal dibandingkan sablon jenis lain, seperti karet.
  • Anda perlu berhati-hati saat akan menyetrika, karena sablon jenis ini tidak bisa disetrika atau bisa dikatakan tahan panas.
  • Penggunaan sablon ini cukup eksklusif, sehingga tidak semua vendor konveksi menyediakan jasa sablon ini.
  • Jenis sablon manual ini tidak bisa digunakan untuk sablon satuan alias pengerjaannya biasanya dikenakan minimal order, dan biasanya digunakan untuk sablon massal atau produksi dalam jumlah banyak.
  • Proses pengerjaan sablon jenis ini membutuhkan waktu sedikit lebih lama karena tintanya sulit kering, sehingga untuk produksi yang cepat, teknik ini kurang cocok digunakan.

Anda perlu tahu apakah sablon plastisol akan bekerja sangat baik pada kain yang memiliki warna gelap, seperti Hitam, Navy dan warna gelap lainnya.

Mengapa tinta plastisol lebih baik daripada karet?

Beberapa waktu yang lalu kami mencoba melakukan survey ke Followers kami, tentang pendapat mereka tentang kualitas sablon Plastisol dan Karet, dan memang sebagian besar pengikut kami mengatakan bahwa sablon Plastisol lebih baik daripada sablon Karet.

Pasalnya, karena sablon ini merupakan sablon dengan standar internasional maka hasil sablonnya juga dikatakan lebih kuat, awet dan terkesan lebih eksklusif.

Namun tidak bisa dipungkiri harga sablon dengan bahan berbahan dasar minyak lebih mahal, walaupun mahal, masih banyak produsen kaos yang tetap menggunakan sablon jenis ini, mungkin karena sebanding dengan sablonnya. kualitas sablon yang diperoleh. Jika Anda, apakah Anda ingin menggunakan sablon jenis ini?

Jenis Bahan Kaos Yang Aman Untuk Sablon Plastisol

sisir katun

Katun combed adalah jenis kaos yang terbuat dari 100% serat kapas, yang diproses dengan cara disisir di mesin combing untuk menghilangkan biji atau kontaminasi kapas, sehingga kain katun combed memiliki kualitas yang lebih baik daripada kain katun biasa.

Baca Juga :  4 Kelebihan Dari Sablon Rubber Yang Wajib Diketahui

Kapas Carded

Hampir sama dengan Combed, kain Cotton Carded juga terbuat dari 100% katun atau serat kapas, hanya saja proses pembuatannya hanya sampai pada tahap penggoresan pada mesin carding dan hasil kainnya tidak sebagus kain Combed.

Bambu Kapas

Bahan kaos berbahan serat alam yaitu 70% serat bambu dan 30% serat kapas yang memiliki keunggulan anti bakteri, anti bau, anti jamur dan anti UV pada kandungan kainnya. Kain memiliki tekstur yang sangat halus dan lembut serta nyaman digunakan.

CVC

Chief Value Cotton, atau kain yang terbuat dari campuran serat Cotton dan Polyester, kandungan serat kapas pada kain ini akan selalu lebih banyak dari pada bahan polyester, sehingga kain ini masih bisa dikategorikan sebagai bahan yang nyaman.

Cara Merawat Kaos dengan Sablon Plastisol

  • Jangan padukan kaos dengan jenis pakaian lain, terutama yang berbahan keras dan kasar.
  • Jangan merendam kaos terlalu lama, karena dapat merusak kaos dan juga sablon.
  • Jika ada noda pada baju terutama sablon, sebaiknya segera dibersihkan dan jangan ditunda-tunda.
  • saat mencuci kaos sebaiknya tidak menyikat kaos terutama pada bagian sablon agar sablon tidak rusak.
  • Kaos bisa dicuci di mesin cuci, karena tinta sablonnya cukup kuat, hanya saja lebih disarankan untuk mencuci kaos secara manual atau dengan cara digosok dengan tangan.
  • Perhatikan selalu label petunjuk perawatan agar tidak salah dalam mencuci atau merawat kaos.

Nah sudah tahu kan apa saja kelebihan dan kekurangan sablon plastisol untuk kaos? Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan suatu jenis sablon, maka akan memudahkan Anda dalam menentukan jenis sablon yang cocok untuk produksi kaos Anda atau tidak.

Baca Juga :  Mengenal Kain Slub, Bahan Kaos yang Bertekstur Unik

Semoga artikel yang kami tulis bermanfaat ya, dan jangan lupa untuk menggunakan bahan kaos yang kami rekomendasikan di atas dari Knitto Textiles, karena semua jenis kain tersedia di Knitto.

TOKO BAHAN T-shirt KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No.15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No.35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN T-SHIRT KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN T-SHIRT KNITTO SEMARSEBUAHNG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

WhatsApp Resmi: 082120003035

Email : info@knitto.co.id

Jam buka

Senin – Jumat: 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu: 08.30 – 14.30 WIB

Minggu: Libur