Bahan Yang Cocok Untuk Transfer Paper Sablon


BELI SEKARANG

Ingin membuat kaos dengan sablon semakin mudah di tahun 2022 ini? Dengan banyaknya berbagai macam jenis sablon digital yang disediakan oleh para vendor sablon kaos, ada salah satu jenis sablon yaitu transfer paper sablon yang mulai banyak digunakan terutama untuk produksi kaos satuan. Untuk kamu yang belum pernah menggunakan jenis sablon ini atau bahkan baru mendengar tentang transfer paper sablon, kami akan mencoba menjelaskan mengenai transfer paper sablon juga jenis bahan yang cocok untuk menggunakan jenis sablon ini.

Pengertian Transfer Paper Sablon

Seperti yang kita ketahui, sablon transfer paper merupakan salah satu jenis sablon digital yang mana pengerjaannya membutuhkan transfer paper sebagai alat memindahkan gambar atau tulisan pada media cetaknya yaitu kaos, atau berbagai jenis media cetak lainnya. 

Transfer Paper adalah bahan sablon digital yang termasuk ke dalam heat transfer material, mengapa? Karena bahan untuk sablon digital ini perlu dipanaskan terlebih dahulu agar dapat menempel ke media cetak yang nanti akan digunakan. Transfer Paper adalah salah satu bahan sablon digital yang fleksibel karena dapat digunakan pada berbagai jenis bahan.

Penggunaan transfer paper untuk mencetak desain juga disesuaikan dengan warna kaos yang akan digunakan, karena terdapat beberapa jenis kertas untuk jenis sablon ini.

Transfer Paper terbagi menjadi beberapa jenis contohnya Transfer Paper PVC dan Transfer Paper Poliurethene. Apa perbedaan dari keduanya? 

Baca Juga :  4 Ciri Bahan Kaos Polo CVC Yang Ternyata Nyaman Untuk Polo Shirt

Transfer paper PVC atau disebut juga dengan Transfer Paper Vinyl bersifat lebih tebal dan kaku, jenis transfer paper ini akan lebih cocok jika digunakan pada bahan kaos untuk baju olahraga seperti jersey ataupun kain-kain yang tebal seperti bahan untuk jaket.

Sedangkan Transfer Paper Poliurethene sifatnya lebih lentur dan tipis jadi lebih cocok jika digunakan pada bahan kaos katun atau jenis bahan kaos lainnya yang mempunyai tekstur lembut. Sablon yang dihasilkan dari Transfer Paper Poliurethene ini lebih soft dan lembut dibandingkan jenis PVC.

Jenis Bahan Yang Cocok Untuk Transfer Paper Sablon

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya jika jenis sablon ini dapat digunakan untuk berbagai jenis bahan, termasuk beberapa jenis bahan kaos yang akan kami sebutkan dibawah ini dengan catatan bahan yang digunakan untuk transfer paper sablon adalah bahan yang mempunyai permukaan yang halus.

Bahan Cotton Combed Untuk Transfer Paper Sablon

Bahan kaos pertama yang bisa digunakan untuk transfer paper sablon adalah bahan kaos Cotton Combed. Kain ini dibuat dari 100% serat Cotton atau serat kapas dan bisa dikatakan jika Cotton Combed salah satu bahan yang paling banyak digunakan oleh produsen kaos di Indonesia, karena karakteristik dari kainnya juga memang sangat cocok untuk negara dengan iklim tropis seperti Indonesia. 

Karakteristik kainnya yang lembut dan halus dan mempunyai permukaan kain yang rata cocok untuk transfer paper sablon. 

Selain itu, jika kamu menggunakan kain Cotton Combed dari Knitto, kamu bisa memilih berbagai macam warna kain yang sangat menggemaskan, karena Knitto menyediakan 100 warna kain Cotton Combed 30s yang mana bisa melengkapi kebutuhan kamu. Selain itu juga kain Combed Knitto premium buat kualitas abal-abal.

Bahan Cotton Bamboo Untuk Transfer Paper Sablon

Mau membuat kaos sablon khusus untuk anak-anak tapi kamu ingin menggunakan bahan yang aman? Kalau begitu bahan Cotton Bamboo adalah bahan yang kamu butuhkan. Kamu dapat mengaplikasikan transfer paper sablon pada kain Cotton Bamboo, karena kain ini pun mempunyai permukaan dan tekstur yang sangat halus dan lembut. 

Baca Juga :  Kenapa Warna Kaos Bisa Luntur dan Pudar

Bahan kaos Cotton Bamboo yang tersedia di Knitto dibuat dari campuran 30% serat Cotton dan 70% serat Bamboo. Jenis bahan ini merupakan salah satu jenis kain premium yang selalu kami rekomendasikan untuk pakaian anak-anak. Apalagi kain ini mengandung anti bakteri yang tentu baik untuk yang mempunyai kulit sensitif dan tidak bisa menggunakan sembarang kaos.

Bahan TENCEL™ Modal blended with Cotton Untuk Transfer Paper Sablon

Selanjutnya, bahan kaos premium lainnya dari Knitto yang bisa kamu coba untuk mencetak desain yang sudah kamu siapkan menggunakan transfer paper sablon adalah bahan TENCEL™ Modal blended with Cotton atau sering disebut juga dengan bahan Cotton Modal, tapi perlu kamu tahu ya, kain Cotton Modal Knitto menggunakan jenis serat TENCEL™ Modal yang mana sangat berkelas kualitasnya. Kain ini dibuatnya dari serat campuran yaitu 50% serat Cotton dan 50% serat TENCEL™ Modal.

Yang terpenting dari bahan ini adalah tekstur kainnya yang sangat lembut dan halus, juga sangat digunakan bahannya pun adem, warna yang dimiliki kain ini sangat cemerlang, dan tentu jika digunakan untuk sablon transfer paper pasti sangat bagus hasilnya dan akan terlihat lebih elegan.

Bahan Cotton Combed Baby Terry Untuk Transfer Paper Sablon

Seperti yang sudah disebutkan di awal jika transfer paper sablon juga bisa digunakan untuk jenis bahan yang tebal seperti bahan Baby Terry yang biasanya digunakan untuk membuat jaket ini. Tidak seperti bahan Baby Terry yang berkualitas biasa yang ada di pasaran, kain Baby Terry yang ada di Knitto menggunakan komposisi 100% serat Cotton Combed yang mana sudah pasti mempunyai tekstur dan permukaan kain yang halus dan lembut. 

Baca Juga :  Mengenal 4 Jenis Kain Terbaik Untuk Hoodie

Kain Baby Terry dibuat dengan rajutan terry yang mempunyai permukaan berbeda antara bagian luar dan dalamnya, bagian luarnya seperti kain kaos pada umumnya, tetapi jika kamu perhatikan bagian dalam kainnya, terdapat struktur yang berbentuk kumpulan “loop”.

Untuk kamu yang ingin membuat jaket atau sweater yang mempunyai desain berbeda-beda, sangat cocok kan jika menggunakan bahan Combed Baby Terry yang dipadukan dengan transfer paper sablon ini?

Baca Juga: Kenali 5 Perbedaan Bahan Spandek dan Baby Terry Serta Kegunaan Masing-Masing Kain

Bahan Cotton Combed Fleece Untuk Transfer Paper Sablon

Kain Fleece juga merupakan bahan yang mempunyai dua permukaan yang berbeda antara bagian luar dan bagian dalamnya. Hanya saja pada bagian dalam kainnya kain ini mempunyai bulu halus sedangkan tampak luarnya sama seperti bahan kaos pada umumnya.

Bahan Fleece memang lebih tebal dibandingkan dengan bahan Baby Terry tetapi meskipun begitu, kainnya tetap bisa digunakan untuk transfer paper sablon.

Semua jenis bahan yang sudah kami sebutkan di atas tentu bisa kamu dapatkan di Knitto Textiles ya teman-teman Knitto, kamu juga bisa cek stok kainnya secara real time melalui stock.knitto.co.id dan juga kamu bisa cek seluruh koleksi kain yang ada di Knitto melalui website kami. Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : info@knitto.co.id

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur