Cara Mudah Membuat Pola Baju Anak Untuk Pemula


BELI SEKARANG

Ketika akan membuat baju atau kaos anak-anak baik laki-laki maupun perempuan dibutuhkan berbagai macam alat dan bahan termasuk salah satunya adalah pola baju tersebut. Pola baju adalah prototipe bagian-bagian pakaian yang sudah disesuaikan dengan bentuk dan ukuran tubuh. Pola diperlukan supaya tidak adanya kesalahan ketika memotong kain.

Jadi bisa dikatakan langkah awal sebelum membuat baju adalah menyiapkan pola nya terlebih dahulu.

Lalu bagaimana cara membuat pola baju? Terutama cara membuat pola baju anak bagi para pemula?

Kalau begitu, kamu perlu menyimak artikel ini sampai akhir untuk mendapatkan penjelasan sekaligus cara membuat pola baju anak dengan mudah yang bisa diikuti oleh para pemula.

Cara Membuat Pola Baju Anak

Sebelum membuat pola, ada beberapa alat dan bahan yang perlu kamu persiapkan terlebih dahulu, alat dan bahannya adalah:

  • Siapkan kertas roti, karton, duplex atau koran bekas, untuk media cetak pola nya.
  • Pita meteran untuk mengukur berbagai bagian tubuh yang perlu diukur dan akan dibuat polanya.
  • Pensil atau pulpen untuk menggambar pola.
  • Penggaris (biasa dan penggaris pola).

Apakah alat dan bahan untuk membuat pola baju anak nya sudah kamu persiapkan? Jika sudah, mari kita masuk ke penjelasan cara membuat pola baju anak yang bisa kamu ikuti di rumah.

  1. Ukur Badan

Mengukur badan sebagai acuan bentuk juga size yang kamu inginkan untuk hasil akhir kaos. Berikut ini bagian tubuh yang harus kamu ukur:

(Untuk mengukur Lingkar Dada sebaiknya menggunakan meteran jahit agar lebih mudah dan akurat. cukup lingkarkan meteran mengelilingi badan kamu tepat di bagian dada kamu dan sebaiknya ukuran yang didapatkan tersebut ditambah lagi 3-4 cm agar tidak terlalu ketat dan sesak saat bernafas).

  • Panjang punggung
  • Lebar punggung
  • Tinggi yoke (tinggi ketiak-bahu)
  • Lingkar leher
  • Panjang lengan panjang/pendek
  • Lingkar pergelangan tangan (untuk kaos lengan panjang saja). 
Baca Juga :  Jenis Kain yang Cocok untuk Cuaca Panas

Selain mengukur tubuh anak secara langsung kamu juga bisa menggunakan ukuran sesuai dengan standar size chart lokal atau international. 

2. Setelah ukuran sudah kamu dapatkan atau kamu tentukan, sekarang persiapkan alat dan bahan seperti yang sudah dijelaskan di atas untuk membuat pola baju anak.

3. Sekarang kamu bisa mulai untuk membuat pola baju anak, dengan membuat pola dasarnya terlebih dahulu, karena dari pola dasar nantinya kamu bisa mengembangkan menjadi bentuk pola lain, tetapi harus tetap menyesuaikan dengan ukurannya.

Untuk membuat baju atau kaos anak, kamu bisa mengikuti bentuk pola ini:

membuat pola baju anak

Untuk pemasangan Rib jangan lupa untuk memperhatikan panjang ribnya ya, untuk panjang rib = lingkar leher dikurangi 1-2 cm dan lebar rib 1.5 cm, dapat divariasikan sesuai selera.

Ketika membuat pola baju anak juga harus sesuaikan dengan jenis atau model kaos yang akan dibuat, karena jika kamu membuat kaos oversized tentu bentuk pola dan ukurannya akan berbeda dengan kaos slim-fit.

4. Setelah proses membuat pola baju anak sudah selesai, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah Pattern Grading. Di dalam proses produksi sebuah baju ada yang dinamakan Pattern Grading, yaitu teknik untuk membesarkan atau mengecilkan pola dasar. Teknik ini digunakan biasanya untuk produksi dengan skala yang cukup besar contohnya pada konveksi atau garment. Tujuannya? Agar hasil pola sesuai dengan pola utamanya. 

Untuk melakukan proses pattern grading ini, bisa dilakukan secara manual maupun dengan menggunakan aplikasi digital. 

Aplikasi yang bisa digunakan adalah: Optitex, Accumax Gerber, Lectra Kaledo, Pad System, Style CAD, dan Gemini CAD.

5. Jika semua proses sudah selesai dilakukan, sekarang polanya sudah bisa kamu gunakan untuk dicetak pada kain.

Baca Juga :  Cara Membedakan Jenis Kain Hoodie Fleece dan Baby Terry

Rekomendasi Pakaian Anak-Anak Yang Bisa Dibuat Menggunakan Kain Knitto

Membuat pakaian anak-anak yang lucu-lucu dan menggemaskan bukan hanya harus membuat pola baju anak nya saja, tetapi dibutuhkan juga bahan yang berkualitas. Untuk membuat baju anak sebaiknya bahan yang seperti apa yang harus digunakan? 

Yang jelas bahan yang nyaman dan berkualitas baik, apalagi untuk anak-anak yang cenderung masih mempunyai kulit yang sensitif, kamu tidak bisa menggunakan sembarang kain, maka dari itu sebelum Minto memberikan rekomendasi jenis pakaiannya, simak dulu beberapa rekomendasi jenis bahan kaos yang bisa kamu gunakan untuk baju anak-anak dari Knitto ya.

  1. Cotton Combed 24s dan Cotton Combed 30s
  2. Cotton Combed Activecool™ + Activefresh™ 30s
  3. Cotton Bamboo 24s dan Cotton Bamboo 30s
  4. TENCEL™ Modal Blended with Cotton
  5. Cotton Combed Baby Terry 

Beberapa jenis bahan di atas adalah rekomendasi yang paling pas untuk kamu gunakan sebagai bahan baju anak-anak karena dijamin aman dan nyaman saat digunakan. Dari berbagai jenis kain di atas berikut ini rekomendasi pakaian yang bisa kamu buat menggunakan bahan tersebut

Kaos adalah pakaian yang essential karena dapat digunakan untuk berbagai macam kegiatan dan bisa dibilang pakaian yang paling nyaman untuk digunakan anak-anak, tidak hanya untuk anak laki-laki kaos juga bisa digunakan anak perempuan kan?

Jenis kaos juga cukup banyak ya jenisnya, tidak hanya regular kaos saja, ada berbagai model yang bisa kamu buat. Contohnya Slim-fit, V-Neck T-Shirt, Oversized T-Shirt, Short Raglan, atau Regular Raglan, dan lain sebagainya.

Model pakaian lainnya yang bisa kamu buat dari bahan yang ada di Knitto adalah Dress Anak. Beberapa jenis bahan di atas yang sudah kami sebutkan pada dasarnya memang digunakan untuk membuat kaos tetapi kamu bisa variasikan juga untuk membuat dress. 

Baca Juga :  Perbedaan Sablon DTG dan DTF Wajib Kamu Ketahui

Team Knitto juga sudah pernah membuat contoh atau tutorial dari cara membuat dress anak dengan menggunakan bahan kaos yang sudah bisa kamu tonton sekarang juga di Youtube Channel Knitto Textiles.

Tidak hanya tutorialnya saja yang sudah tersedia, kamu juga bisa membeli pola dress anak yang sudah tersedia di website Knitto klik langsung ya www.knitto.co.id 

Rekomendasi terakhir adalah sweatpants, celana yang mempunyai karet di bagian pergelangan kaki nya ini bisa kamu buat dengan menggunakan bahan Cotton Combed Baby Terry. Bahan Terry tidak hanya nyaman untuk membuat jaket atau sweater saja, tetapi untuk menjadi bahan pembuatan sweatpants pun sangat cocok.

Baca Juga: Ketahui Jenis Bahan Kain Katun Sesuai Kebutuhanmu

Sebenarnya tidak hanya beberapa rekomendasi yang sudah Minto berikan saja, kamu bisa mengkreasikan bahan Knitto menjadi apapun sesuai dengan kreativitas kamu. Apalagi banyaknya pilihan bahan dan warna yang ada di Knitto yang cocok sekali untuk anak-anak.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : info@knitto.co.id

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur