Jenis Jenis Kain Baju Berdasarkan Kegunaannya

Mengetahui berbagai jenis kain akan memudahkan kita dalam membuat pakaian, atau ketika Anda menemukan pakaian di pusat perbelanjaan, Anda dapat dengan mudah mengetahui bahan apa yang digunakan pakaian tersebut.

Jenis baju ada banyak sekali, terkadang sulit untuk membedakan antara bahan yang satu dengan bahan yang lain, dan biasanya setiap bahan memiliki kegunaannya masing-masing, misalnya kemeja yang menggunakan bahan katun seperti katun jepang misalnya, atau membuat celana menggunakan bahan denim atau dikenal dengan istilah jeans, atau bahan bor yang juga cocok untuk membuat rok.

Sama halnya dengan membuat kaos, jaket atau polo shirt yang memiliki jenis bahannya masing-masing. Agar anda dapat lebih memahami, bagaimana jika kita membahas jenis-jenis kain pakaian berdasarkan kegunaannya, khususnya jenis-jenis kain pakaian di Knitto Textiles.

Jenis Kain Pakaian Berdasarkan Komposisinya

Kain dapat kita kategorikan menjadi beberapa jenis berdasarkan komposisi yang digunakan. Sebenarnya ada banyak jenis komposisi kain tapi kita bisa mencoba mengkategorikannya menjadi 3, yaitu:

  • Natural : Bahan alami atau dibuat dari bahan alami tanpa campuran bahan sintetis. Semua komposisi kain yang ia gunakan benar-benar natural.
  • Semi Sintetis : Bahan semi sintetik ini biasanya menggunakan campuran bahan baku alami dan sintetik.
  • Sintetis: Jenis kain yang dibuat dari komposisi ini biasanya menggunakan Polyester sebagai bahan utama pembuatan kainnya.

Masing-masing komposisi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kelebihan dan kekurangan kain ini menjadi salah satu hal yang membuat harga kain semakin mahal atau bahkan lebih murah.

Jenis Kain Pakaian Berdasarkan Penggunaannya

Setelah kita melihat jenis komposisi bahannya, sekarang kita akan membahas beberapa jenis bahan pakaian berdasarkan penggunaan kainnya.

Baca Juga :  Cara Praktis Hitung Kebutuhan Kain Kaos

Jenis-Jenis Kain Kaos untuk Kemeja

Kemeja merupakan pakaian formal yang sangat wajib dimiliki oleh semua orang, setidaknya kamu pasti memiliki 1 jenis kemeja di lemarimu untuk beberapa acara penting atau acara khusus, padahal biasanya kamu hanya menggunakan kaos setiap hari.

Ada beberapa jenis kain yang biasanya digunakan untuk membuat kaos, seperti:

  • Kain Katun : Bahan ini terbuat dari bahan katun atau serat kapas, memiliki karakter tidak mudah kusut, sedikit kaku, namun memiliki daya serap yang baik dan terasa sejuk saat digunakan, cocok digunakan sebagai pakaian kantor.
  • Kain Oxford : merupakan bahan kain yang biasa digunakan untuk kemeja formal dan kasual, yang juga dapat digunakan untuk seragam kerja, dan seragam sekolah. Tekstur kainnya terlihat seperti titik-titik, dan tentunya nyaman saat digunakan.
  • Kain Chambray: Sepintas kain ini terlihat seperti denim, hanya saja teksturnya lebih halus dan lembut, bahan ini sering dipilih sebagai bahan pembuatan kaos.
  • Kain Denim : Kain yang sering digunakan sebagai bahan untuk rok atau celana, anda juga bisa memilih kain ini untuk kemeja, kain ini sangat cocok untuk kemeja casual.
  • Kain Linen: Beberapa merek besar telah menggunakan bahan ini untuk kemeja mereka, bahan yang nyaman, halus dan lembut menarik banyak orang untuk kemeja yang terbuat dari Linen, namun kain ini cukup mudah kusut sehingga harus berhati-hati untuk menyimpannya.
  • Kain Pique: Kain Pique dapat dibuat dari bahan apa saja, baik serat alam, serat semi sintetik maupun serat sintetis penuh seperti yang dimiliki Knitto yaitu CVC Pique dan Cotton Combed Pique. Kain ini memiliki pola rajutan dan rajutan yang tebal seperti segi enam dan persegi panjang.

Anda mungkin bertanya, mengapa kain Pique masuk dalam daftar jenis kain kaos? Padahal biasanya kain ini digunakan untuk membuat kaos polo? Memang kegunaan Pique sebenarnya adalah sebagai bahan pembuatan kaos polo atau polo shirt, namun dengan kreatifitas anda bisa menggunakan bahan kaos polo ini sebagai bahan pembuatan kaos dan sudah banyak yang menggunakan jenis kain ini sebagai bahan pembuatan kaos.

Baca Juga :  6 Perbedaan Sablon Manual dan Digital

Jenis Kain Pakaian untuk T-shirt

Selanjutnya jenis pakaian yang banyak digunakan oleh setiap orang baik dewasa maupun anak-anak adalah kaos. T-shirt merupakan jenis pakaian yang nyaman digunakan setiap saat, baik untuk kegiatan indoor maupun outdoor.

Banyak sekali jenis kain pakaian yang digunakan untuk membuat kaos, dengan spesifikasi, ciri khas, kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut ini kami hadirkan beberapa jenis bahan kaos yang bisa anda gunakan untuk membuat kaos yang nyaman dengan kualitas yang baik. Kain ini juga tersedia di Knitto Textiles.

  • Kain pakaian combed: Kain yang terbuat dari 100% serat kapas dan dibuat dengan menyisir pada mesin sisir. Kainnya memiliki tekstur yang halus dan lembut, daya serap yang baik, sejuk saat digunakan dan juga memiliki banyak varian, baik ketebalan maupun warna.

Lihat kain Cotton Combed di Knitto

  • Kain kaos carded: Kain kaos yang juga terbuat dari 100% katun atau serat kapas, dengan cara digaruk pada mesin carding. Tekstur kain ini tidak semulus kain Combed, terkadang masih ada bercak putih di permukaan kain, kain terasa kaku, namun kain ini bisa anda gunakan sebagai alternatif kaos katun dengan harga yang lebih terjangkau. .
  • Bahan kaos modal : Bahan ini terbuat dari campuran katun dan serat kayu, namun kami menyediakan bahan Knitto TENCEL™ Modal dicampur dengan Kapas. Ingin tahu apa itu TENCEL™ Modal blended with Cotton?

Baca juga: Mengenal Modal TENCEL Dicampur dengan Katun untuk T-shirt Premium

  • Kain baju bambu : Katun Bahan bambu merupakan bahan yang terbuat dari serat alam, campuran serat kapas dan serat bambu yang memiliki keunggulan utama yaitu sifat anti bakteri yang terdapat pada kain.
  • Bahan kaos US Pima Cotton: Bahan kaos US Pima Cotton terbuat dari 100% katun atau serat kapas langka dan, produksi serat kapas hanya 1% dari total produksi kapas dunia.
Baca Juga :  Kelebihan dan Rekomendasi Kain Knit untuk Bahan Kaos

Selain jenis bahan kaos untuk kaos di atas, masih ada beberapa jenis bahan kaos lainnya yang bisa digunakan untuk membuat kaos, dan juga memiliki keunikan tersendiri yang bisa dijadikan pilihan variasi. dari bahan dasar pembuatan kaos, seperti :

  • Galaksi kapas
  • Garis Katun Combed
  • CVC Threetone
  • CVC Astro
  • CVC Fuzy
  • CVC Slub Siro

Jenis-Jenis Kain Kaos untuk Celana

Bahan yang digunakan untuk membuat celana juga bisa dibuat dari beberapa jenis, dan bisa ditandai dengan kegunaannya sebagai celana formal atau celana santai. Jenis-jenis kain untuk membuat celana adalah sebagai berikut:

  • Bahan celana bor
  • Bahan celana katun
  • Bahan celana twill
  • Bahan celana denim
  • Bahan celana kanvas
  • Bahan Celana Baby Terry
  • Bahan Celana Fleece

Jenis-jenis kain pakaian yang ada di pasaran memiliki kegunaannya masing-masing, namun Anda dapat mengkreasikannya menjadi jenis pakaian lainnya, sesuai dengan keinginan Anda. Namun juga harus disesuaikan dengan karakteristik bahannya, apakah memungkinkan untuk membuat pakaian jenis ini.

TOKO BAHAN T-shirt KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No.15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No.35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN T-SHIRT KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN T-shirt KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

WhatsApp Resmi: 082120003035

Email : info@knitto.co.id

Jam buka

Senin – Jumat: 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu: 08.30 – 14.30 WIB

Minggu: Libur