Jenis Jenis Kain baju dan Karakteristiknya Untuk Bahan Pakaian


BELI SEKARANG

Banyak sekali jenis jenis kain baju yang bisa ada di pasaran sebagai bahan untuk membuat pakaian. Saat kamu mau membeli atau membuat baju, tentu yang paling harus kamu perhatikan adalah jenis kain baju yang akan digunakan.

Memahami jenis jenis kain baju dengan berbagai karakteristiknya akan membantu kamu sebagai pengguna kainnya bisa menemukan kain yang kamu butuhkan dengan tepat.

Lalu seperti apa ya karakteristik jenis jenis kain baju yang baik serta karakteristik bahan yang biasa digunakan untuk membuat baju dengan jenis kaos? Selengkapnya penjelasan tentang karakteristik dari jenis jenis kain baju ada di bawah ini.

Jenis Jenis Kain Baju dan Karakteristiknya

Berbagai jenis jenis kain baju bisa kita pahami dan kenali dengan mudah asalkan kita tahu seperti apa karakteristik dari setiap jenis jenis kain baju tersebut. 

Kain Baju Linen

Linen adalah kain yang sangat kuat dan ringan yang dibuat dari tanaman rami. Kata “Linen” diambil dari nama latin untuk rami yaitu “Linum Usitatissimum”. Tanaman Rami dipercaya akan sangat baik jika di tanam di negara Prancis dan Belgia, hanya saja banyak negara lain yang juga membudidayakan tanaman Rami. Tanaman Rami ini juga diekspor ke seluruh dunia tetapi pabrik tenun Eropa, terutama di Italia merupakan penghasil kain Linen dengan kualitas terbaik. Seperti kebanyakan jenis kain lainnya sekarang ini sebagian besar produksi kain Linen sudah bergeser dari Eropa ke Asia.

Linen merupakan serat alami, sama seperti kapas hanya saja proses untuk panen dan dibuat menjadi kainnya memakan waktu yang lebih lama, karena serat rami termasuk yang sulit untuk ditenun.

Karakteristik Kain Linen

  • Kain jenis Linen mempunyai daya serap yang sangat baik
  • Kainnya yang breathable membuat pakaian dari kain ini nyaman digunakan di cuaca yang panas.
  • Kain Linen bukan termasuk jenis kain yang elastisitasnya baik dan kain ini tidak mudah menyusut meskipun sudah dicuci berulang kali.
  • Kainnya mempunyai tekstur yang lembut, uniknya kain ini akan semakin lembut jika semakin sering dicuci.
  • Linen juga merupakan kain yang termasuk ke dalam kategori kain ramah lingkungan.
Baca Juga :  Hal yang Perlu Kamu Siapkan Sebelum Bisnis Kaos

Kain Baju Katun Jepang 

Kain Katun Jepang, kain ini biasanya dimanfaatkan untuk membuat mukena, kemeja dan berbagai jenis pakaian lainnya. Beberapa sumber mengatakan jika kain ini termasuk ke dalam jenis kain organik. 

Karakteristik Kain Katun Jepang

  • Kain katun jepang memiliki tekstur yang halus
  • Tidak berbulu
  • Mampu menyerap keringat dengan sangat baik.
  • Memiliki warna yang tahan lama

Kain Baju Rayon

Rayon adalah serat selulosa semi-sintetis yang digunakan salah satunya sebagai bahan pakaian. Meskipun rayon terbuat dari bahan alami (seperti pohon beech atau bambu), rayon mengalami proses kimia yang intensif, sehingga kita menyebutnya sebagai bahan semi-sintetis.

Terdapat 3 jenis utama rayon yaitu, Rayon Viscose, Lyocell dan Modal.

Karakteristik Kain Rayon:

  • Halus dan Lembut, Kain Rayon menjadi kain yang mempunyai tekstur yang halus dan lembut.
  • Permukaan yang mengkilap, Rayon mempunyai permukaan yang mengkilap.
  • Kain Rayon merupakan bahan yang nyaman digunakan dan kainnya “Jatuh”.
  • Daya Serap Baik, sifat dari rayon adalah salah satu kain yang mempunyai daya serap yang baik bahkan lebih baik dibandingkan dengan kapas.
  • Kain Rayon juga tidak menahan panas, sehingga bahan ini terasa sejuk dan mempunyai sirkulasi udara yang baik.

Kain Baju Combed

Para produsen pembuat kaos pasti sudah tidak asing dengan jenis bahan ini, kain Cotton Combed. Kain yang dibuat dari bahan dasar 100% serat Cotton atau kapas. Di Indonesia sendiri jenis kain Cotton Combed yang paling banyak digunakan adalah Cotton Combed dengan ketebalan 30s dan 24s, ketebalan ini merujuk kepada kain yang tipis, mengapa kedua kain ini yang paling sering digunakan? Karena dirasa paling pas dan cocok digunakan di negara dengan iklim tropis seperti Indonesia.

Baca Juga :  Jenis-Jenis Label untuk Kaos

Di toko bahan kaos Knitto sendiri terdapat jenis jenis kain baju Cotton Combed dengan 5 pilihan ketebalan kain seperti, Cotton Combed 16s, Cotton Combed 18s, Cotton Combed 20s, Cotton Combed 24s dan Cotton Combed 30s.

Selain terdapat berbagai macam ketebalan kain, kami pun menyediakan kain Cotton Combed dengan treatment yang berbeda dari Combed biasa yaitu, Cotton Combed Enzyme dan Cotton Combed Activecool™ + Activefresh™. 

Karakteristik Kain Baju Combed

  • Tekstur kainnya halus dan lembut
  • Permukaan kain yang rata
  • Bulu yang lebih sedikit
  • Kainnya lentur serta nyaman saat digunakan
  • Terasa dingin atau adem

Kain Baju Carded

Kain Cotton Carded ini memiliki serat benang yang kurang halus. Mengapa? Karena proses pembuatannya hanya di garuk pada mesin Carding, sehingga tekstur yang dihasilkan sangat berbeda dengan kain Combed meskipun sama-sama dibuat dari 100% serat kapas.

Tapi tenang saja, kain ini masih nyaman untuk digunakan dan sering kali digunakan sebagai bahan alternatif atau bahan pengganti untuk kain katun dengan harga yang lebih terjangkau.

Karakteristik Kain Baju Carded

  • Teksturnya cenderung lebih kasar dan sedikit kaku.
  • Terdapat banyak bulu pada permukaan kainnya.
  • Masih terdapat bintik putih yang merupakan biji kapas.
  • Bisa menyerap keringat dengan baik.

Kain Baju Modal

Cotton Modal yang ada di Knitto berbeda dengan yang ada di toko kain lainnya, karena kami menggunakan serat TENCEL™ Modal sebagai bahan baku kainnya yang dicampur dengan serat kapas atau katun, sehingga membuat kain ini berkualitas sangat baik.

Serat TENCEL™ Modal yang Knitto gunakan dibuat oleh sebuah perusahaan yang berasal dari Austria yang bernama Lenzing. Lenzing merupakan perusahaan yang memproduksi serat Viscose, serat Modal, serat Lyocell dan benang filamen yang digunakan untuk industri pakaian. 

Jika kamu bertanya apakah kain Modal ini termasuk bahan rayon? Benar, bahan ini merupakan variasi dari serat rayon.

Mau tau bagaimana Karakteristik Kain Baju Cotton Modal? Baca disini 

Baca Juga :  Kriteria Bahan Kaos Polo Terbaik

Kain Baju Bamboo

Kain Cotton Bamboo dibuat dari campuran serat bambu dan serat cotton atau kapas. Knitto sendiri menggunakan komposisi 30% serat kapas dan 70% serat bamboo. Kami sering kali merekomendasikan kain ini sebagai bahan yang cocok untuk membuat baju atau pakaian anak-anak, karena adanya kandungan anti bakteri yang aman untuk kulit anak-anak atau bayi yang masih sensitif dan memerlukan bahan yang aman.

Karakteristik Kain Baju Bamboo

  • Bahannya ringan, halus dan dan sangat lembut
  • Memiliki Anti Bakteri, Anti Bau dan Anti Jamur yang aman untuk kulit sensitif.
  • Anti Sinar UV, bahan kaos premium ini dipercaya bisa melindungi dari dampak sinar UV sampai 97,5%, jadi tidak heran jika bahan ini terasa lebih adem.
  • Kain Cotton Bamboo juga mempunyai kemampuan daya serap yang sangat baik, dibandingkan dengan jenis bahan kaos lain kain ini penyerapannya sangat baik dan juga mempunyai kemampuan untuk menghilangkan kelembaban udara.

Kain Baju U.S. Pima Cotton

kain U.S. Pima Cotton dibuat dari komposisi 100% serat cotton menggunakan jenis serat kapas yang langka, karena produksinya hanya 1% dari total seluruh kapas dunia. 

Hal yang berbeda juga dari kain ini adalah karakteristik kainnya yang lebih lembut dan juga seratnya yang panjang membuat kain ini menjadi lebih kuat dan elastis. Sama seperti kain katun lainnya, daya serap kain ini juga sangat bagus

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

 

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : info@knitto.co.id

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur