Jenis-Jenis Label untuk Kaos


BELI SEKARANG

Hai Knittopreneurs! Dalam artikel kali ini Minto akan bahas tentang jenis-jenis label yang cocok untuk kaos. Tidak hanya kaos, label pakaian juga diperlukan untuk segala jenis pakaian.

Label dapat digunakan sebagai penempatan merek atau brand, penjelasan cara perawatan atau care label, penunjuk ukuran size, bahkan komposisi kain yang digunakan. Dalam satu pakaian, jumlah dan penempatan label sangat bervariatif. Maka dari itu, dalam artikel ini Minto akan bahas dan kupas tuntas mengenai pelabelan.

Jenis Label untuk Kaos

Jenis-Jenis Label Pakaian

Label pakaian memiliki variasi yang sangat banyak. Minto akan bahas ada apa saja sih jenis-jenis label yang cocok untuk kaos?

Label permanen merupakan label yang akan terus menempel dengan pakaian atau kaos kamu karena sudah dijahit atau disablon, maka tidak akan terlepas. 

Contoh penggunaan label permanen adalah label merk, label petunjuk perawatan atau care label, label size pakaian atau kaos. Label permanen dapat dibuat dengan cara dijahit, disablon, atau bahkan di print.

Label temporary merupakan label yang dapat dilepas. Label ditempatkan di tempat yang mudah dilepas ataupun dijahit, namun memiliki bahan yang rentan terlepas. 

Contoh penggunaan label temporary adalah label ukuran pakaian dalam bentuk stiker, atau tear off / tear away label yang biasa digunakan oleh produsen kaos polosan yang kaosnya dijual ke pebisnis kaos atau pebisnis sablon sehingga label nya bisa disobek dan diganti dengan label mereka sendiri.

Jenis Bahan Label Pakaian

Label woven merupakan label yang dibuat dengan teknik weave/woven atau tenun. Jenis label ini cukup sering digunakan karena cukup kokoh dan tidak mudah rusak. Bahannya juga bervariasi, ada yang terbuat dari cotton, polyester, atau serat gabungan lainnya. 

Baca Juga :  Bahan Kaos Terbaik untuk Pakaian Anak dan Bayi

Label satin merupakan label yang terbuat dari bahan satin. Bahan satin memiliki ciri pada kainnya yang mengkilap dan terlihat glossy. Label satin lebih sering digunakan pada pakaian wanita semi formal hingga formal seperti dress atau atasan yang dapat memberi kesan eksklusif.

  • Label Tafeta Tear Away / Tear Off

Label tafeta tear away atau tear off merupakan label yang cukup baru. Jenis label ini cocok digunakan oleh produsen kaos polos yang menjual produknya ke bisnis lain seperti pebisnis kaos branding atau pebisnis sablon kaos. Hal ini disebabkan karena label jenis ini mudah dirobek dengan tangan sehingga pemilik bisnis lain dapat mengganti label tear away atau tear off dengan label mereka.

Label nylon atau nilon merupakan label yang terbuat dari bahan nilon. Bahannya cukup kuat dan tahan lama, dan mudah didapatkan di pasaran. Bahan ini juga cocok untuk label kaos dan pakaian casual lainnya.

Label sablon atau print merupakan label yang tidak dijahit melainkan langsung di print diatas kainnya. Jenis label ini umumnya ditemukan dan digunakan di kaos. 

Memang jenis bahan label ada banyak, namun tidak semuanya cocok untuk kaos. Pastikan label yang akan kamu pakai sesuai dengan branding kaos kamu sehingga kaos kamu terlihat lebih berkualitas. Jangan lupa perhatikan kualitas bahan labelnya ya! Belum tentu semua label berkualitas sama, harga mahal dan harga murah terkadang tidak dapat dijadikan penentu. 

Rekomendasi Label untuk Kaos

Menurut Minto, label yang cocok untuk kaos adalah label woven. Selain lebih kuat, label woven juga terlihat memiliki kualitas yang bagus.

Tapi kalau untuk kaos yang bertujuan dijual ke pemilik bisnis kaos lain atau penjualan B2B, Minto sarankan kamu produksi kaos dengan label tear way atau tear off. Bila pakai label tear away atau tear off, mereka dapat dengan mudah merobek labelnya bila ingin diganti dengan label mereka.

Baca Juga :  4 Jenis Jahitan Kaos Wajib Kamu Ketahui

Tak hanya label, bahan kaos juga jadi penentu utama loh dari sebuah kaos. Akan sangat disayangkan, bila pemilihan labelnya sudah baik namun pemilihan bahannya kurang. Minto akan spill juga bahan kaos seperti apa sih yang bagus dan bisa buat hasil produk kaos kamu lebih eksklusif.

Rekomendasi Kain Bahan Kaos

Minto nggak akan bosan-bosan untuk kasih kamu info tentang kain bahan kaos yang bagus. Menurut Minto, bila kamu memilih bahan kaos dengan tepat hasil produk kamu juga akan ikut bagus. Berikut rekomendasi kain bahan kaos yang menurut Minto terbaik.

Jenis-Jenis Label untuk Kaos

Untuk kamu yang sudah sering terjun ke dunia perkaosan, Cotton Combed pasti sudah sering terdengar di telinga. Cotton Combed merupakan bahan kaos yang paling umum dipakai, biasanya digunakan sebagai bahan kaos-kaos retail mal-mal hingga distro.

Cotton Combed mempunyai kualitas yang setara dengan harganya. Terbuat dari 100% serat kapas dan diproduksi secara disisir atau combing, bahan Cotton Combed memiliki tekstur yang lembut, halus, mudah menyerap keringat, dan bebas dari kotoran kapas.

Cotton Combed cocok dijadikan bahan kaos berkualitas hingga bahan pakaian anak-anak. Di Knitto Textiles kamu bisa menemukan Cotton Combed berkualitas hingga 100 varian warna super menarik dalam 5 jenis ketebalan yaitu 16s, 18s, 20s, 24s, 30s.

Jenis-Jenis Label untuk Kaos

Untuk kamu yang mau mulai buka bisnis kaos, Minto rekomendasiin bahan yang satu ini. Cotton Carded, kain bahan kaos yang terbuat 100% serat kapas. Cotton Carded sering dijadikan alternatif dari Cotton Combed karena sama-sama terbuat dari 100% serat kapas namun memiliki harga yang lebih ekonomis.

Cotton Carded melewati proses penggarukan atau carding tidak seperti Cotton Combed yang melewati proses penyisiran atau combing. Karena itu, terkadang terdapat bintik putih di permukaan kainnya yang merupakan sisa biji kapas dan kelembutannya tidak selembut Cotton Combed.

Baca Juga :  7 Cara Mengetahui Kualitas Kaos Yang Bagus

Namun kamu tidak perlu khawatir, Cotton Combed Knitto Textiles bisa dibilang memiliki kualitas yang hampir serupa dengan Cotton Combednya. Bahannya halus dan lembut dan menyerap keringat dengan baik. Cotton Carded Knitto Textiles tersedia hingga 23 varian warna yang menarik dan tidak pasaran dalam 2 jenis ketebalan 24s dan 30s.

Jenis-Jenis Label untuk Kaos

Cotton Bamboo merupakan kain bahan kaos premium, terbuat dari 2 jenis serat alami yaitu serat 30% serat kapas dan 70% serat bambu. Bahan ini termasuk pada jajaran kain koleksi premium Knitto Textiles. Dari handfeelnya pun sangat berbeda karena jauh lebih lembut, halus, sejuk, dan nyaman digunakan.

Cotton Bamboo memiliki banyak kelebihan, mulai dari kandungan kainnya Cotton Bamboo punya zat anti-jamur, anti-bau, anti-bakteri, dan anti-UV. Bahan ini cocok digunakan bahkan oleh mereka yang punya kulit sensitif sekalipun maupun anak-anak. Nah, gak aneh kan kalau Cotton Bamboo masuk ke jajaran kain premium?

Cotton Bamboo Knitto Textiles tersedia hingga 29 varian warna kain dalam 2 jenis ketebalan kain 30s dan 24s.

Gimana? Tertarik untuk coba? Untuk konsultasi bahan kaos, kamu bisa tanya-tanya lebih lanjut ke admin Knitto Textiles ya! Yuk penuhi kebutuhan kain bahan kaos kamu hanya di Knitto Textiles!

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : info@knitto.co.id

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur