Kelebihan dan Rekomendasi Kain Knit untuk Bahan Kaos


BELI SEKARANG

Kain knit merupakan kain yang sering sekali dipakai menjadi bahan baku kaos. Untuk sebagian masyarakat yang masih awam, kain knit atau rajut bisa identik dengan bahan sweater atau jaket yang tebal dan bermotif, bukan kain knit yang biasa jadi bahan kaos.

Memang betul, bahan tersebut dapat juga disebut kain rajut atau knit, namun kain rajut yang memiliki variasi motif kompleks dan berlubang umumnya disebut kain rajut crochet yang dapat dibuat secara manual atau mesin. Keduanya memang dibuat menggunakan proses rajut atau knit.

Bahan rajut umumnya menggunakan benang dengan ukuran yang lebih besar dibanding bahan knit untuk kaos, contohnya benang wol. Biasanya bahan wol dapat dijadikan untuk bahan sweater dan pakaian lainnya.

Untuk bahan kaos, kain knit yang digunakan diproses dengan mesin, contohnya teknik rajut single knit dan double knit. Kain knit juga sangat beragam, tidak hanya untuk bahan kaos saja. Terdapat jenis kain knit untuk jaket dan kaos polo seperti baby terry dan pique yang memiliki teknik rajut yang berbeda.

Bahan Kaos

Ciri utama kain knit yang biasa dipakai jadi bahan baku kaos yaitu memiliki permukaan yang lembut, benang yang dipakai lebih kecil dibanding kain rajut crochet, tidak terlalu berbulu, menyerap keringat dengan baik, elastis, permukaan lebih rata, dan nyaman digunakan sehari-hari. Beberapa jenis kain knit bahan kaos yang familiar dan mudah ditemukan di pasar yaitu Cotton Combed, Cotton Bamboo, dan Cotton Carded.

Kenapa bahan knit sering dijadikan bahan kaos ya? Padahal sangat banyak jenis kain yang beredar di pasar dengan berbagai jenis pembuatan, komposisi bahan, hingga corak dan tekstur. Dalam artikel kali ini Minto akan jelaskan kenapa kain knit sering dijadikan bahan utama kaos.

Mengapa Kain Knit Sering Dijadikan Bahan Kaos?

Kain knit merupakan sebuah bahan yang sangat mudah didapatkan dan memiliki variasi yang luas. Kain jenis ini sering sekali dijadikan bahan kaos. Berikut beberapa alasan mengapa kain knit sering dijadikan bahan kaos.

Kain knit memiliki sifat lentur dan fleksibel, sehingga menjadikan kain ini sangat nyaman digunakan sehari-hari. Beberapa kain woven atau tenun memiliki sifat kaku sehingga jarang digunakan menjadi bahan kaos, walaupun ada juga yang menggunakannya sebagai bahan kaos, tetapi hasilnya tidak akan senyaman kaos yang terbuat dari bahan knit atau rajut.

Baca Juga :  Bahan Yang Cocok Untuk Transfer Paper Sablon

Kain knit memiliki permukaan yang lembut dan halus, menjadikannya cocok sebagai bahan kaos yang dapat digunakan untuk segala usia. Kain bahan kaos ini memiliki permukaan yang rata. Memang beberapa kain diluar sana juga ada yang bertekstur lembut dan halus, namun apabila dibandingkan dengan bahan knit, dijamin lebih nyaman saat digunakan.

  • Menyerap Keringat dengan Baik

Kebanyakan kain knit bahan kaos yang berkualitas terbuat dari bahan alami 100% seperti Cotton Combed, Cotton Bamboo, dan lainnya. Bahan yang terbuat dari 100% serat natural akan menyerap keringat dengan sangat baik sehingga nyaman digunakan sehari-hari. Memang, tidak semua kain knit bahan kaos terbuat dari 100% serat alami. Namun dapat dipastikan kain knit yang baik pasti memiliki komposisi serat alami yang lebih banyak dibanding campuran serat lain atau bahkan berkomposisi 100% serat alami sehingga menyerap keringat dengan baik.

Kain knit bahan kaos memiliki berbagai ketebalan atau gramasi kain. Gramasi dapat disesuaikan dengan kebutuhan, misalkan untuk kaos distro pada umumnya menggunakan ketebalan kain 30s – 24s, namun untuk kaos oversized dapat menggunakan kain dengan ketebalan 16s, 18s, 20s, dan 24s. Walaupun memiliki variasi ketebalan yang luas, kain knit tertebal untuk kaos juga masih terbilang ringan ketika dipakai dan nyaman dipakai sehari-hari.

Tiga alasan diatas juga merupakan kelebihan dari bahan knit, sehingga sering dipakai menjadi bahan kaos. Memang bahan kaos tidak semuanya memiliki kualitas yang sama. Tapi kalau kamu pilih bahan yang premium, hasil jadi kaosnya pun akan sangat memuaskan.

Nah, jadi jangan sampai salah pilih kain ya, karena kain yang kamu pilih menjadi aspek yang cukup besar dalam menentukan hasil jadi kaosnya, mengingat kain merupakan bahan utama kaos.

Jika butuh kain knit bahan kaos dan jaket, Minto sarankan kamu untuk beli kebutuhannya di Knitto Textiles. Minto akan berikan 4 rekomendasi kain knit yang bisa kamu jadikan alternatif untuk dijadikan bahan kaos yang berkualitas.

Rekomendasi 4 Kain Knit Bahan Kaos Berkualitas

Kelebihan dan Rekomendasi Kain Knit untuk Bahan Kaos

Untuk kamu yang sudah berkecimpung lama di dunia perkaosan, pasti sudah tidak asing lagi sama kain satu ini. Untuk kamu yang baru ingin berkecimpung, Minto akan bahas lebih dalam tentang kain Cotton Combed ini.

Baca Juga :  10 Macam Macam Sablon Polyflex

Cotton Combed merupakan kain bahan kaos yang diproses menggunakan teknik rajut atau knit, dengan teknik single knit atau double knit. Cotton Combed Knitto Textiles terbuat dari 100% serat kapas pilihan sehingga dapat menyerap keringat dengan baik.

Dalam proses pembuatan Cotton Combed, terdapat proses penyisiran atau combing yang menghasilkan kain yang halus dan lembut serta bebas kotoran biji kapas. Kain Cotton Combed merupakan kain yang paling umum untuk dijadikan bahan kaos seperti bahan kaos distro. Bahan ini cocok digunakan oleh segala usia bahkan bayi dan anak-anak sekalipun.

Cotton Combed Knitto Textiles memiliki kualitas premium yang tidak perlu diragukan lagi. Terdapat 5 jenis ketebalan kain; 16s, 18s, 20s, 24s, dan 30s dalam 100 variasi warna yang menarik. Untuk kaos regular fit dan slim fit, kamu bisa pakai ketebalan kain 24s atau 30s, dan untuk kaos oversized kamu bisa pakai ketebalan kain 16s, 18s, 20s, dan 24s.

Kelebihan dan Rekomendasi Kain Knit untuk Bahan Kaos

Cotton Carded merupakan bahan kaos yang sering dijadikan alternatif dari kain Cotton Combed. Cotton Carded hampir sama dengan Cotton Combed, terbuat dari 100% serat kapas pilihan namun memiliki harga yang lebih murah.

Cotton Carded merupakan bahan kaos yang terbuat dari serat kapas, dalam proses pembuatannya terdapat proses penggarukan atau carding. Karena tidak disisir atau combing, Cotton Carded tidak sehalus Cotton Combed dan di permukaan kainnya terkadang terdapat bintik putih yang merupakan kotoran dari biji kapas.

Bahannya menyerap keringat dengan baik sama seperti Cotton Combed. Namun karena harganya yang lebih terjangkau, Cotton Carded masih worth to try walaupun kerataan kain dan kualitas kainnya sedikit lebih kurang dibanding Cotton Combed.

Cotton Carded Knitto Textiles memiliki kualitas yang lebih baik dibanding Cotton Carded di pasaran. Memiliki variasi 22 warna yang menarik, Cotton Carded tersedia dalam 2 jenis ketebalan; 24s dan 30s.  

Kelebihan dan Rekomendasi Kain Knit untuk Bahan Kaos

Cotton Bamboo merupakan bahan kaos yang memiliki keunggulan lebih dibanding Cotton Combed. Cotton Bamboo bisa dibilang salah satu kain premium karena memiliki keunggulan lebih. Bahan ini cocok digunakan oleh segala usia bahkan bayi dan anak-anak dengan kulit sensitif.

Baca Juga :  Kenali 5 Perbedaan Bahan spandek dan Baby Terry serta Kegunaan Masing-Masing Kain

Cotton Bamboo Knitto Textiles terbuat dari 30% serat kapas dan 70% serat bambu. Cotton Bamboo memiliki ciri khas bahan yang jatuh dan tidak mudah kusut. Keunggulannya  antara lain tekstur kainnya yang halus dan lembut, sejuk, mempunyai kandungan anti-bakteri, anti-bau, anti-jamur, serta anti-UV. 

Cotton Bamboo merupakan salah satu kain premium yang disediakan Knitto Textiles. Tersedia dalam 24 varian warna yang menarik dengan dua jenis ketebalan kain; 24s dan 30s. 

  • TENCEL™ Modal Blended with Cotton

bahan tencel

TENCEL™ Modal Blended with Cotton merupakan salah satu bahan kaos premium. Kain TENCEL™ Modal Blended with Cotton sama seperti Cotton Bamboo, memiliki banyak keunggulan dan cocok digunakan oleh segala usia bahkan bayi dan anak-anak dengan kulit sensitif.

TENCEL™ Modal Blended with Cotton terbuat dari campuran serat katun 50% dan serat TENCEL™ Modal 50%. Kain TENCEL™ Modal Blended with Cotton merupakan kain biodegradable atau dapat diperbaharui sehingga aman bagi lingkungan dan mendukung sustainable living.

Bahan ini mempunyai ciri khas kainnya yang sangat lembut dan halus, bertekstur agak jatuh, dan permukaan kainnya yang terlihat licin. Kain ini juga memiliki kemampuan mengatur suhu tubuh sehingga nyaman digunakan.

TENCEL™ Modal Blended with Cotton Knitto Textiles tersedia dalam 15 varian warna dalam 1 jenis ketebalan kain; 30s.

Nah gimana? Tertarik untuk coba kain-kain di atas? Yuk coba sekarang dan beli bahan kaos hanya di Knitto Textiles. Kamu bisa beli bahan kaos dengan quantity yang kecil, mulai dari 1 kg saja. Tunggu apa lagi? Ayo lengkapi kebutuhan bahan kaos dan jaket kamu hanya di Knitto Textiles.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : info@knitto.co.id

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur