Kenapa Kain Bisa Mengalami Penyusutan ?

Penyusutan kain dan pakaian merupakan hal yang cukup sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Apakah hal ini normal terjadi?

Jawabannya tentu wajar, selama depresiasi masih dalam batas aman. Ada beberapa faktor yang menyebabkan kain atau pakaian Anda menyusut setelah proses pencucian. Apa saja faktor-faktor tersebut?

Yuk simak selengkapnya di bawah ini!

Faktor terjadinya penyusutan pada kain

Kain merupakan hasil dari anyaman atau rajutan benang. Komposisi kain dapat ditentukan oleh bahan atau komposisi benang yang digunakan dengan kain.

Komposisi benang bisa bermacam-macam, mulai dari serat alam, serat buatan, atau serat campuran yaitu campuran serat alam dan serat buatan.

Komposisi benang dapat menentukan persentase susut pada kain. Kain yang terbuat dari benang dengan komposisi serat yang mudah menyerap air cenderung mengalami penyusutan yang lebih besar saat dicuci.

Ketika serat yang mampu menyerap air dengan baik direndam dan melalui proses pencucian, maka serat akan kembali ke sifat semula yaitu mudah menyerap air. Serat akan menyerap air sehingga benang akan memendek dan diameternya bertambah.

Hal ini juga dapat dipengaruhi oleh suhu air selama proses pencucian. Saat mengering, mungkin ada penyusutan karena seratnya tidak atau hanya sedikit kembali ke ukuran aslinya.

Proses pembuatan kain juga dapat mempengaruhi penyusutan. Penyusutan dapat disebabkan oleh proses pembuatan kain ketika kain dibuat dengan cara menenun atau merajut.

Benang yang ditarik dan diregangkan dapat membuat kain jadi memanjang. Belum lagi tahap pewarnaan warna, proses finishing hingga proses penyetrikaan yang menggunakan temperatur dan tahapan pembuatan yang berbeda.

Baca Juga :  5 Macam Macam Bahan Katun Kaos Terbaik

Begitu tahap pencucian saat kain sudah berupa pakaian jadi, kain tersebut berpotensi juga menyusut, mengikuti sifat dasar serat benang yang digunakan dalam pembuatan kain sebagai bahan utama pakaian tersebut.

Bagaimana Meminimalkan Terjadinya Penyusutan?

Penyusutan kain dapat diminimalisir dengan menggunakan suhu air yang tidak terlalu panas selama proses pencucian.

Mencuci menggunakan mesin cuci berpotensi menyebabkan terjadinya penyusutan kain yang lebih tinggi. Mencuci pakaian atau kain secara manual atau dengan tangan dapat meminimalkan penyusutan kain.

Penggunaan laundry net atau laundry bag berupa jaring juga dapat meminimalisir proses penyusutan dan stretch pada baju saat dicuci di mesin cuci.

Penting untuk memahami label perawatan yang berisi informasi tentang cara merawat kain atau pakaian agar kain dan pakaian lebih awet dan tahan lama.

Misalnya, menggunakan suhu menyetrika yang tepat dan menghindari pengeringan di bawah sinar matahari langsung.

Umumnya, produsen tekstil akan memberikan pre-treatment atau finishing kain yang dapat mengurangi uji susut dan susut.

Hal ini dilakukan agar kain melewati standar susut. Agar lebih stabil dan mengurangi penyusutan kain, jangan lupa untuk memahami label perawatan pakaian!

Apakah Tekstil Knitto Menyusut?

Penyusutan

Kain koleksi Knitto Textiles sebagian besar terbuat dari serat kapas kualitas premium dan ada juga serat campuran lainnya.

Penyusutan sangat umum terjadi terutama pada serat yang mudah menyerap air atau memiliki kemampuan higroskopis yang tinggi.

Tapi jangan khawatir, Knitto Textiles telah lulus uji susut pada produknya dan koleksi Knitto Textile memiliki tingkat penyusutan yang masih dalam batas aman dan wajar, di bawah 7%.

Tekstil Knitto Favorit yang Direkomendasikan

Knitto Textiles memiliki koleksi kain berkualitas yang cocok sebagai bahan utama kaos, jaket, polo shirt, dan lain-lain.

Baca Juga :  Apakah lebih Bagus Combed 30s Dibandingkan Combed 24s?

Bahannya lembut dan tentunya nyaman dipakai seharian. Simak rekomendasi bahan favorit Knitto Textile di bawah ini!

  1. sisir katun

Knitto Textiles menyediakan koleksi kain Cotton Combed yang umumnya digunakan sebagai bahan utama kaos berkualitas.

Kain Cotton Combed tersedia dalam kategori polos, tersedia dalam 5 jenis ketebalan kain (gram); 16-an, 18-an, 20-an, 24-an dan 30-an. Kain ini tersedia dalam 100 varian warna yang menarik.

2. Cotton Combed Fleece

Combed Fleece merupakan kain katun combed yang diproduksi dengan teknik rajut terry kemudian digaruk salah satu sisinya sehingga ketebalan dan teksturnya cocok untuk jaket dan pakaian lainnya yang dapat menghangatkan badan.

Meski agak tebal, kain Cotton Fleece tetap mampu menyerap keringat, memiliki tekstur permukaan yang halus, dan memiliki ciri khas pada bagian dalam yang memiliki bulu yang lembut.

Tersedia dalam cotton combed fleece regular (warna polos) dalam 23 varian warna dan heavy cotton combed fleece dalam 1 varian warna.

3. Bayi Terry Cotton Combed

Cotton Combed Baby Terry merupakan kain Cotton Combed yang diproses dengan teknik rajut terry sehingga ketebalan dan teksturnya cocok untuk jaket, celana olahraga, dan pakaian lainnya yang dapat menghangatkan tubuh.

Walaupun agak tebal, namun Kain Combed Baby Terry tetap mampu menyerap keringat, memiliki tekstur yang halus, dan memiliki ciri khas yaitu bagian dalam memiliki struktur yang berbentuk seperti kumpulan “loop” dan bagian luar bertekstur seperti bahan kaos pada umumnya. Kain Cotton Baby Terry tersedia dalam 34 varian warna yang menarik.

4. CVC Pique Hexagon

CVC Pique Hexagon adalah kain CVC yang dirajut menggunakan teknik pique. CVC Pique Hexagon mampu menyerap keringat, memiliki tekstur yang lembut dan dicirikan oleh polanya yang berbentuk segi enam.

Baca Juga :  Bahan Jaket Hoodie yang Bagus

Umumnya bahan ini digunakan untuk membuat kaos polo atau polo shirt tetapi bisa juga digunakan sebagai bahan pakaian lainnya seperti kaos koko. Kain CVC Pique Hexagon tersedia dalam ketebalan 24s (gramasi) dan 37 varian warna.

Nah, sekarang sudah tahu kan kenapa bisa terjadi penyusutan pada kain? Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan dalam memahami dunia kain.

Temukan koleksi kain lainnya dengan kualitas premium dan tentunya nyaman digunakan hanya di Knitto Textiles!

Ayo kunjungi toko Knitto Textiles terdekat atau klik website Knitto Textiles untuk mendownload e-catalog produk terupdate, gratis!

TOKO BAHAN T-shirt KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No.15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No.35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN T-SHIRT KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN T-shirt KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

WhatsApp Resmi: 082120003035

Email : info@knitto.co.id

Jam buka

Senin – Jumat: 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu: 08.30 – 14.30 WIB

Minggu: Libur