Kenapa Warna Kaos Bisa Luntur dan Pudar


BELI SEKARANG

Hai Knittopreneurs! Apa kabar? Minto harap keadaan kalian baik-baik saja ya. Dalam artikel kali ini Minto akan bahas tentang hal yang cukup sering ditanyakan ke Minto nih. Kenapa ya warna kaos bisa luntur? Apakah kualitas bahannya kurang bagus? Atau ada alasan lain? Minto akan kupas tuntas di artikel kali ini.

Warna Kaos

Kenapa Warna Kaos Bisa Luntur?

Sebenarnya, kaos luntur bisa disebabkan oleh beberapa hal. Minto akan jelaskan ya apa saja sih yang bisa buat warna kaos luntur.

  • Proses Mencuci yang Salah

Ternyata proses mencuci bisa banget loh jadi penyebab kaos luntur. Kok bisa? Bisa dong, misal karena kaos direndam terlalu lama, penggunaan detergen yang tidak sesuai, penggunaan suhu air yang terlalu panas bisa membuat warna menjadi luntur dan pudar. Duh jangan sampai ya, karena salah mencuci kaos kamu jadi luntur. 

  • Penggunaan Bahan Kimia yang Kurang Tepat saat Mencuci

Salah satu contoh penggunaan bahan kimia yang kurang tepat saat mencuci adalah seperti penggunaan pemutih, penghilang noda, dan lain-lain. Terkadang bahan kimia tersebut dapat membuat warna yang sudah terikat pada kain menjadi luntur karena bahan kimianya terlalu kuat.

  • Tidak Mencuci Kaos sesuai Warnanya

Nah yang ini menurut Minto penting banget. Pastikan kamu mengklasifikasikan atau memisahkan warna kaos sebelum mencuci ya. Misal warna hitam jangan disatukan dengan warna putih, bisa-bisa kaos warna putih jadi dekil karena kaos warna hitamnya luntur. Kamu bisa pisahkan kaos ke kategori warna muda-sedang, tua, putih, dan hitam. Biasanya warna yang rentan luntur adalah warna gelap seperti hitam, merah, biru tua, dan navy.

  • Menggunakan Suhu yang Terlalu Panas saat Menyetrika

Penggunaan suhu setrika juga perlu diperhatikan. Beberapa warna memang akan sedikit berubah ketika terkena suhu yang panas. Ada beberapa warna yang akan kembali ke warna semula, namun ada juga warna yang menjadi pudar ketika menggunakan suhu setrika yang terlalu panas.

  • Kualitas Bahan yang Kurang Baik

Luntur juga bisa dikarenakan oleh penggunaan bahan yang kurang baik. Misal penggunaan bahan yang memang cukup sering luntur, atau memang bahan itu menggunakan zat pewarna yang kurang mengikat.

Baca Juga :  Jenis Jenis Kain baju dan Karakteristiknya Untuk Bahan Pakaian

Tapi perlu diingat ya, belum tentu kaos yang luntur itu kualitasnya jelek. Umumnya kain dengan warna gelap seperti hitam, merah, biru tua, akan luntur saat pencucian pertama. Namun kalau lunturnya terus berulang setelah pencucian pertama, sebaiknya kamu cari tahu ya penyebab lunturnya, apakah memang bahannya yang kurang bagus atau cara perawatannya yang kurang tepat. 

Cara Mencegah Kaos Luntur dan Pudar

Gimana ya cara menjaga kaos kamu agar tidak cepat luntur atau pudar? Minto akan kasih tips-tips supaya kaos kesayangan kamu awet ya.

  • Cuci dengan Suhu Air Normal

Cuci dengan suhu air normal agar zat pewarna tidak mudah lepas dan menjadi luntur. Hindari penggunaan suhu air terlalu panas.

  • Hindari Penggunaan Pemutih dan Penghilang Noda

Hindari penggunaan pemutih maupun penghilang noda. Keduanya dapat mengandung zat kimia keras yang dapat melepas atau melemahkan zat warna hingga mudah larut atau luntur.

  • Hindari Menyetrika dengan Suhu Terlalu Panas

Sama dengan mencuci, saat menyetrika kamu juga harus memperhatikan apakah suhunya sudah pas. Jangan terlalu panas ya! Kamu juga bisa lihat rekomendasi berbagai suhu yang pas sesuai bahannya, biasanya terdapat di panduan penggunaan setrika. 

  • Hindari Menjemur Langsung Dibawah Sinar Matahari

Nah, posisi menjemur juga dapat menentukan loh. Pastikan jangan jemur dibawah sinar matahari karena dapat membuat kain menjadi pudar warnanya.

Kesimpulan

Intinya, kamu bisa baca dan mengikuti saran perawatan kaos sesuai care labelnya. Jangan lupa, kalau warna gelap memang sangat wajar mengalami luntur pada saat pertama kali pencucian. 

Dengan merawat kaos secara tepat dan benar, mudah-mudahan kaos kesayangan kamu bakal awet hingga bertahun-tahun. Jadi jangan sampai salah rawat ya.

Baca Juga :  5 Kemampuan Yang Harus Dimiliki Seorang Wirausaha

Gimana? Sekarang jadi tahu kan gimana sih cara merawat kaos supaya awet dan ga cepat pudar dan luntur. Minto juga punya tips, supaya ga cepat melar kamu juga bisa gunakan laundry net, sejenis kantong yang terbuat dari bahan mesh untuk mencuci kaos  dan pakaian lainnya yang bersifat fleksibel agar tidak mudah melar. Kaos merupakan pakaian yang fleksibel, jadi jangan lupa untuk merawatnya ya agar tidak mudah rusak.

Untuk memastikan kaos kamu berkualitas, pilih bahan kaos dari toko yang sudah terpercaya. Di Knitto Textiles kamu bisa menemukan berbagai kain bahan kaos dengan varian warna yang sangat banyak dan lengkap. Kain di Knitto dijamin berkualitas premium, warna tidak mudah luntur, dan warna cerah. Yuk penuhi kebutuhan kain bahan kaos kamu hanya di Knitto Textiles.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : info@knitto.co.id

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur