Macam Macam Bahan Kain Untuk Kaos Premium


BELI SEKARANG

Di pasaran macam macam bahan kain tersedia untuk berbagai jenis pakaian seperti kemeja, celana, jaket dan juga kaos. Berbagai kualitas kain juga tersedia, dan bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Berbicara soal macam macam bahan kain, kali ini Minto akan coba bahas jenis bahan kain yang biasanya digunakan untuk membuat kaos. Minto akan coba bahas macam macam bahan kain ini mulai dari yang berkualitas standar sampai ke yang jenis premium, jadi kamu bisa mencoba berbagai jenis bahan ini sesuai dengan kebutuhan kamu berdasarkan kualitas kainnya ya.

Macam Macam Bahan Kain Kaos Standar 

Bahan-bahan berikut ini bisa kita kategorikan sebagai bahan kaos yang kualitasnya standar kaos distro. Ada 3 jenis bahan yang bisa kamu gunakan, apa saja?

1. Cotton Combed

Satu jenis kain yang bisa dibilang sebagai kain dengan jumlah pengguna terbanyak adalah kain Cotton Combed. Bisa dikatakan begitu karena memang hampir semua distro di Indonesia sepertinya menggunakan jenis bahan ini, dan banyak juga yang suka dengan karakteristik bahan ini.

macam macam bahan kain

Kain Cotton Combed digunakan sebagai bahan kaos yang mempunyai komposisi 100% serat kapas, diproses dengan cara disisir pada mesin combing sehingga menghasilkan sebuah kain dengan tekstur yang sangat lembut dan halus, mempunyai permukaan kain yang rata. Selain kainnya yang halus dan lembut, bahan kaos alami ini juga terasa sejuk, dan daya serapnya sangat baik. 

Di Toko Bahan Kaos Knitto kain Combed sangat beragam jenisnya, dibedakan melalui ketebalan kain dan gramasinya. Terdapat 5 jenis kain Cotton Combed yang bisa kamu pilih dan gunakan sesuai dengan kebutuhan. Jika kamu ingin membuat kaos oversized berkualitas kamu bisa coba menggunakan macam macam bahan kain Combed ini:

Baca Juga :  10 Macam Macam Sablon Polyflex

“Mengapa untuk oversized harus menggunakan ketiga bahan Combed ini?”

Kaos oversized mempunyai ukuran yang berbeda dengan kaos pada umumnya, jika menggunakan bahan yang biasa atau lebih tipis dibandingkan dari ketiga bahan di atas, bentuk dari model kaos oversized ini tidak akan terlalu terlihat malah cenderung seperti kaos yang kebesaran. Maka dari itu akan lebih cocok jika kamu menggunakan kain Cotton Combed 16s, 18s dan 20s agar tekstur pola oversized nya lebih terlihat.

Berbeda dengan bahan yang digunakan untuk membuat kaos polos dengan ukuran standar, biasanya para produsen kaos lebih memilih bahan yang lebih tipis seperti macam macam bahan kain Combed ini:

Kedua jenis kain katun Combed ini paling sering dipilih sebagai bahan untuk kaos polos standar, terutama kain Combed 30s. Selain karena memang kainnya yang nyaman dan sangat cocok digunakan di negara dengan iklim tropis seperti Indonesia ini, pilihan warna yang tersedia untuk kain Cotton Combed 30s juga cenderung lebih banyak, supplier kain di Indonesia juga memang lebih banyak menyediakan warna untuk jenis kain ini, salah satunya Knitto Textiles. Toko bahan kaos Knitto saat ini sudah menyediakan lebih dari 100 warna kain Cotton Combed. 

Baca Juga: Carded vs Combed, Mana Yang Lebih Bagus Untuk kaos?

  1. Cotton Carded

Kain selanjutnya adalah yang biasanya dipilih jika mencari bahan kaos katun dengan harga yang lebih affordable atau lebih bersahabat di kantong kamu yaitu kain Cotton Carded. Kain ini sama-sama dibuat dari bahan 100% serat kapas sama halnya dengan kain Combed, tapi jika kita bandingkan kualitasnya sudah pasti berbeda.

Kain Cotton Carded tidak jauh berbeda dengan bahan Combed terutama kain Cotton Carded yang ada di Knitto, dari segi handfeel kain ini tetap terasa halus meskipun memang jika diperhatikan pada permukaan kainnya lebih berbulu, dan masih terdapat bintik-bintik putih yang berasal dari biji kapasnya yang masih tertinggal. Tetapi hal ini tidak akan mengurangi kenyamanan dari kain Carded apalagi kainnya pun daya serapnya juga bagus.

Baca Juga :  5 Kelebihan dan Kelemahannya Untuk Kaos

Ada beberapa macam macam bahan kain Carded yang ada di Knitto seperti Carded 24s dan Carded 30s, warna yang tersedia di Knitto juga sudah lumayan beragam, cek warna kainnya disini

  1. CVC

Mau alternatif bahan kaos lain yang bisa kamu gunakan dengan harga yang lebih terjangkau lagi? Kami masih punya opsi kain lain yaitu CVC atau Chief Value Cotton, kain ini dibuat dari campuran serat katun dan Polyester, tetapi kandungan dari serat katunnya pasti akan selalu lebih banyak dibandingkan Polyester.

Macam macam bahan kain di Knitto menggunakan bahan CVC sebagai komposisi bahannya, seperti:

  • CVC 24s M71 Putih Bluish
  • CVC 30s M71 Putih Bluish

Setelah macam macam bahan kain untuk kaos standar yang sudah kami jelaskan di atas, selanjutnya kita akan bahas macam macam bahan kain untuk kaos dengan kualitas yang lebih baik atau kualitas premium. Terdapat 2 jenis kain yang masuk ke kategori atau berkualitas premium yaitu:

1. Cotton Bamboo

Kain Cotton Bamboo yaitu jenis kain yang terbuat dari kombinasi katun serta serat bambu sebesar 30% serat katun dan 70% serat bamboo. Kelebihan dari serat Bamboo sendiri yaitu kainnya yang mempunyai tekstur halus dan lembut, yang pastinya akan memberikan kenyamanan tersendiri terhadap penggunanya.

Cotton Bamboo ini sebenarnya memang cukup unik karena mempunyai kandungan anti bakteri yang berasal dari zat alami yang disebut “Penny Quinone” dan juga terdapat anti jamur juga atau disebut dengan bio-agent “Bamboo Kun”, yang juga membuat kain ini menjadi anti bau.

Daya serap dari kain ini sangat bagus sekali, terlebih kain ini juga sangat cocok untuk mereka yang punya kulit sensitif dan mudah iritasi seperti anak-anak dan bayi.

Baca Juga :  5 Macam Macam Bahan Katun Kaos Terbaik

2. TENCEL™ Modal Blended with Cotton

TENCEL™ Modal blended with Cotton sebagai bahan yang sangat bagus untuk kaos polos, dan juga berkualitas premium. Dibuat dari campuran serat kapas dengan persentase 50% dan 50% sisanya dibuat dari serat TENCEL™ Modal. Bahan yang bagus untuk kaos polos ini, merupakan salah satu bahan yang termasuk ke dalam kategori semi-sintetis dan serat modal juga ternyata masih satu turunan dari bahan Rayon yang divariasikan sehingga menjadi serat modal.

Bahan ini kualitasnya amat sangat bagus, ekstra halus dan lembut, benar-benar nyaman saat digunakan dan terasa adem, daya serap dari kain ini juga sangat baik. 

Kedua jenis kain di atas ini bisa kamu gunakan untuk bahan dasar kaos yang lebih baik lagi, dan mungkin untuk segmentasi pasar yang berbeda juga seperti middle to up

Dari penjelasan kami ini, semoga bisa bermanfaat ya untuk Knittopreneurs yang ada di luar sana, dan juga untuk mendapatkan bahan-bahan ini kamu hanya perlu mendatangi Knitto Textiles saja.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

 

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : info@knitto.co.id

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur