Macam Macam Sablon Manual dan Digital Terbaik Untuk Kaos

Saat anda membuat kaos dengan variasi sablon, biasanya jenis sablon apa yang paling anda gunakan Knitters? Apakah sablon manual atau sablon digital? Lalu jenis tinta apa yang Anda pilih? Ada banyak jenis sablon yang bisa digunakan.

Berbicara tentang berbagai jenis sablon, kami memiliki beberapa rekomendasi jenis sablon yang awet dan tahan lama untuk Anda gunakan sebagai variasi dalam mencetak gambar pada kaos.

jenis sablon

Berikut jenis sablon terbaik yang bisa Anda coba untuk print gambar atau tulisan di kaos.

jenis sablon manual dan penjelasannya

Sablon adalah alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan gambar pada berbagai media, dan paling banyak digunakan pada media kaos atau kain. Sablon manual merupakan teknik sablon yang sesuai dengan namanya prosesnya masih manual menggunakan tangan yang dikerjakan oleh sumber daya manusia yang terlatih, sehingga diperlukan keahlian khusus untuk dapat melakukan sablon manual ini.

Berbagai macam sablon manual yang sudah banyak dikenal masyarakat antara lain Sablon Karet, Sablon Plastisol, Sablon Glow In The Dark, Sablon Pigmen, dan Sablon Discharge. Tentunya setiap sablon memiliki kelebihan dan kekurangan, dan hasil sablon juga berbeda.

Agar Anda tidak bingung, kami akan menjelaskan sedikit tentang masing-masing jenis sablon manual.

karet sablon

Sablon karet terkenal sebagai salah satu jenis sablon yang paling banyak digunakan untuk mencetak gambar atau tulisan, serta harga sablon yang cukup terjangkau. Bahan dasar Sablon Rubber adalah karet sehingga sablon jenis ini dapat menempel dengan baik pada bahan kaos yang digunakan.

Tinta yang digunakan untuk sablon karet juga merupakan jenis sablon berbahan dasar air atau water based. Artinya, tinta dapat dicampur dengan air untuk menghasilkan warna yang lebih kaya. Ada tiga jenis tinta yang memiliki kegunaannya masing-masing, yaitu:

  • Tinta Karet Putih : Digunakan untuk sablon putih pada kain berwarna gelap.
  • Tinta Karet Netral: Digunakan untuk mencampur sebagai penetral warna
  • Tinta Karet Transparan : Sebagai campuran dengan warna lain untuk menghasilkan warna yang lebih cerah.
Baca Juga :  3 Kain Premium untuk Bahan Kaos Premium

Sablon Plastisol

Jika ingin menggunakan jenis sablon yang kekuatan sablonnya lebih baik dari Sablon Karet, kami sarankan menggunakan Sablon Plastisol. Karena banyak yang mengakui bahwa kualitas tinta sablon Plastisol adalah yang terbaik, daya tahan sablonnya awet.

Sablon plastisol menggunakan jenis oil based atau berbahan dasar minyak. Jenis sablon ini juga akan memberikan hasil yang lebih baik bila digunakan pada kain atau media berwarna gelap, hasil sablon bisa sama atau persis seperti gambar aslinya, dan efek warna yang didapat dari sablon jenis ini juga sangat bagus.

Selain warna sablon menjadi tebal, cerah dan tidak terlihat kusam, daya tahan sablon awet, sablon plastisol juga tidak akan membuat permukaan kaos menjadi kasar, hasil sablon juga terasa lembut. Perawatan sablon jenis ini tidak terlalu sulit.

Namun dengan banyaknya kelebihan sablon plastisol, ada harga yang cukup mahal yang harus anda persiapkan jika ingin menggunakan sablon jenis ini.

Sablon Menyala Dalam Gelap

Seperti namanya, Glow In The Dark Screen ini bisa menyala jika kaos digunakan di ruangan atau tempat yang gelap. Bahan utama sablon jenis ini adalah Fosfor, dari segi daya tahannya sablon jenis ini termasuk sablon tahan lama.

Jenis sablon ini cukup untuk dan memberikan daya tarik tersendiri ya karena ada aspek “Hiburan”, jika digunakan untuk sablon kaos anak akan sangat lucu dan akan disukai juga.

Sablon Pigmen

Apakah Anda ingin mencetak gambar atau teks pada kaos atau media dengan warna-warna cerah? Bisa menggunakan sablon Pigment, hanya saja sablon jenis ini lebih kaku dari sablon jenis sebelumnya, dan kekurangannya jika sablon ini luntur maka sisa tinta akan menempel di baju.

Baca Juga :  Sebelum Memilih Jaket Hoodie, Kenali Dulu Bahan Hoodie Yang Bagus

Pelepasan Sablon

Ingin menggunakan sablon jenis lain yang tak kalah unik dan berkualitas? Anda bisa mencoba menggunakan sablon jenis Discharge atau disebut juga dengan sablon penghilang warna. Sablon Discharge adalah sablon yang dilakukan secara manual dengan menggunakan jenis tinta yang dapat merubah warna dasar kain menjadi sama dengan warna tinta yang digunakan.

Tinta sablon discharge ini menggabungkan tinta super putih dengan binder atau bubuk khusus, kedua bahan ini digunakan untuk menghilangkan pewarna dari kain. Setelah warna dasar kain hilang, kemudian diganti dengan tinta sablon yang akan menghasilkan sablon yang serasi dan lebih indah.

Baca Juga : 5 Kelebihan dan Kekurangan Sablon Discharge

Macam-Macam Sablon Digital dan Penjelasannya

Sablon Digital adalah suatu teknik pencetakan gambar, tulisan atau desain yang telah disiapkan, yang dilakukan dengan menggunakan mesin dan beberapa alat lain tetapi cenderung lebih praktis.

Pada Sablon Digital ada beberapa teknik sablon, seperti:

  • Sablon DTG
  • Sablon Polyflex

Berikut penjelasannya, dari berbagai jenis sablon digital yang bisa Anda coba.

Sablon DTG

Sablon DTG atau Direct To Garment adalah jenis sablon terbaik versi Digital Screen Printing. Sablon DTG atau Direct To Garment adalah teknik sablon yang mencetak gambar langsung di kaos atau media cetak lainnya, sehingga tidak memerlukan kertas transfer, teknik sablon ini bisa langsung digunakan pada kaos, jadi prosesnya bisa lebih cepat. Maka tidak heran jika sablon jenis ini cocok untuk sablon satuan.

Jika untuk produksi unit sablon jenis ini tentunya sangat cocok digunakan karena biaya produksinya masih bisa dikatakan aman, namun jika digunakan untuk produksi massal tentunya biaya produksi akan membengkak karena akan cenderung membengkak. lebih mahal, sehingga sablon jenis ini tidak disarankan untuk produksi besar.

Baca Juga :  Apa Perbedaan Serat Sintetis dan Semi Sintetis?

sablon polifleksi

Sablon Polyflex adalah jenis sablon digital yang menggunakan bahan seperti stiker yang dipress menggunakan mesin press. Sifat sablon jenis ini adalah elastis sehingga diyakini lebih awet, tahan lama, kuat dan menempel dengan baik di baju.

Namun sablon Polyflex tetap memiliki kelebihan dan kekurangan dalam penggunaannya, seperti sablon Polyflex dengan kualitas tinggi dapat bertahan lama, hasil sablon rapi, proses pencetakan cepat, namun memang sablon jenis ini tidak memiliki banyak varian warna, menggunakan alat dan bahan yang cukup mahal, desain yang digunakan terbatas karena ukuran bahan Polyflex terbatas. Tapi setidaknya sablon jenis ini bisa jadi alternatif bukan?

Jadi, penggunaan berbagai jenis sablon sebenarnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang Anda miliki. Oleh karena itu, perencanaan dan perhitungan produksi harus diselesaikan sebelum memulai produksi.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk semua Knitters ya.

TOKO BAHAN T-shirt KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No.15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No.35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN T-SHIRT KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN T-shirt KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

WhatsApp Resmi: 082120003035

Email : info@knitto.co.id

Jam buka

Senin – Jumat: 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu: 08.30 – 14.30 WIB

Minggu: Libur