Mana Yang Lebih Bagus Antara Sablon Plastisol vs Polyflex?


BELI SEKARANG

Ketika akan menggunakan sablon sebagai variasi untuk mencetak gambar atau tulisan pada kaos, sebaiknya kamu ketahui dulu jenis sablon apa yang akan kamu gunakan, seperti apa kualitas dan hasil sablonnya, dan apakah cocok dengan bahan kaos yang kamu gunakan atau tidak. Banyak jenis sablon yang bisa kamu gunakan, contohnya seperti sablon Plastisol dan Polyflex.

Lalu mana yang lebih bagus antara sablon plastisol vs polyflex? Apakah sama saja atau justru berbeda?

Pengertian Sablon Plastisol

Sablon Plastisol sablon yang merupakan oil based atau berbasis minyak. Karakter dari sablon plastisol dikatakan sebagai salah satu jenis sablon terbaik dan berstandar internasional. Tinta sablon plastisol akan bekerja lebih baik jika digunakan untuk mencetak gambar pada kain-kain berwarna gelap. Kualitas tinta plastisol ini sangat baik, kuat dan tidak mudah kering. Sablon yang dihasilkan pun bisa menyerupai atau persis dengan gambar aslinya, efek warna yang bisa kamu dapatkan pun berkualitas baik. 

Untuk sablon yang mempunyai ketahanan yang baik, sablon plastisol ini bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat karena sablon plastisol ini tahan lama, warna yang dihasilkan pun lembut dan tidak mencolok, terlihat cerah dan tidak kusam. Tidak membuat permukaan kaos menjadi kasar alias tetap lembut dan sablon jenis ini aman ketika dicuci dengan sering dan aman juga jika dikeringkan menggunakan mesin pengering. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya sablon plastisol ini awet karena tinta dapat menempel dengan erat ke bahan kaos. 

Namun ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum memilih jenis sablon plastisol untuk kaos kamu. Pertama, harga atau biaya dari sablon plastisol memang lebih mahal dibandingkan dengan jenis sablon rubber. Harga dari sablon plastisol ini lebih mahal karena efek dari tinta yang digunakan juga. kamu perlu berhati-hati ketika menggunakan kaos dengan jenis sablon ini terutama pada saat kamu akan menyetrika karena jenis sablon ini tidak bisa di setrika dan akan cepat menghilang ketika terkena setrika, jadi kamu harus berhati-hati. 

Baca Juga :  Cara Mudah Membuat Pola Baju Anak Untuk Pemula

Pengertian Sablon Polyflex

Lalu bagaimana dengan Sablon Polyflex apakah teknik sablon ini masih sama dengan sablon Plastisol? Sablon Polyflex berbeda dengan sablon Plastisol, proses pengerjaannya bukan menggunakan teknik manual. Sablon Polyflex merupakan salah satu jenis sablon digital yang memakai bahan sejenis sticker yang di press menggunakan mesin press. Sifat dari jenis sablon ini elastis sehingga dipercaya lebih tahan lama, awet, kuat dan menempel dengan baik pada kaos. 

Setelah mengetahui pengertian dari masing-masing jenis sablon, lalu mana yang lebih bagus diantara kedua jenis sablon ini? Sablon Plastisol dan Polyflex adalah dua jenis sablon yang menggunakan teknik yang berbeda, sehingga keduanya mempunyai hasil yang berbeda juga. Jadi jika kamu menanyakan mana yang lebih baik, keduanya juga merupakan pilihan yang baik untuk sablon, karena kedua jenis sablon ini mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Berikut ini juga kelebihan dan kekurangan dari jenis sablon Plastisol dan Sablon Polyflex.

Kelebihan Sablon Plastisol

  • Sablon ini mempunyai ketahanan atau durability yang sangat baik jika dibandingkan dengan jenis sablon lainnya.
  • Kualitas dari tinta sablon sangat baik, kuat, dan tidak mudah mengelupas karena tinta akan menempel pada kaos dengan kuat. Sablon ini tidak akan mudah rusak meskipun sudah dicuci secara berulang.
  • Warna sablon yang dihasilkan lembut dan tidak mencolok, terlihat cerah dan tidak kusam.
  • Perawatan kaos sablon plastisol tidak sulit.
  • Karena tintanya yang tidak mudah kering, sehingga ketika terjadi kesalahan saat proses mencetak akan lebih mudah untuk diperbaiki.
  • Jenis sablon ini cocok untuk desain yang rapat dan kecil-kecil, detailnya akan lebih maksimal.
  • Sablon yang dihasilkan pun bisa menyerupai atau persis dengan gambar aslinya.
Baca Juga :  Cotton Carded, Bahan Kaos Alternatif Cotton Combed

Kekurangan Sablon Plastisol

  • Biaya yang harus dikeluarkan jika ingin menggunakan sablon Plastisol lebih mahal dibandingkan dengan jenis sablon lainnya.
  • Karena sablon jenis ini tidak bisa disetrika atau bisa dikatakan tidak tahan terhadap panas, maka harus berhati-hati ketika akan menyetrika baju.
  • Sablon Plastisol merupakan jenis sablon yang cukup eksklusif, sehingga tidak semua vendor konveksi bisa mengerjakan dan menyediakan layanan sablon ini.
  • Seperti jenis sablon manual lainnya, untuk menggunakan Sablon Plastisol tidak cocok untuk produksi satuan karena selalu ada minimum order, dan biasanya digunakan untuk sablon massal atau produksi dalam jumlah besar.
  • Proses pengerjaan jenis sablon ini memakan waktu sedikit lebih lama karena tintanya yang memang sulit kering, sehingga jika kamu membutuhkan produksi yang cepat, kurang tepat jika memilih jenis sablon ibi.

Kelebihan Sablon Polyflex

  • Sablon Polyflex mempunyai kualitas yang tinggi, sehingga akan lebih awet bahkan dalam jangka waktu yang cukup lama. 
  • Kualitas sablon Polyflex lebih rapi hasilnya.
  • Jenis sablon ini cocok sekali untuk produksi kaos sablon dengan jumlah satuan, dan tidak harus dalam jumlah banyak seperti sablon manual
  • Proses pengerjaan sablon ini lebih cepat dibandingkan dengan jenis sablon manual, jadi proses pengerjaannya bisa kamu tunggu. 
  • Salah satu keuntungan menggunakan jenis sablon ini adalah perawatannya yang mudah dan tidak memerlukan perawatan khusus.

Kekurangan Sablon Polyflex

  • Jenis sablon ini tidak mempunyai varian warna yang banyak.
  • Proses pengerjaannya yang menggunakan bahan vinyl polyflex, dan bahan ini terhitung mahal sebagai bahan untuk produksi sablon.
  • Menggunakan mesin cetak ke bahan Polyflex yang harganya juga sama-sama mahal.
  • Penggunaan teknik sablon ini belum begitu banyak.
  • Ukuran dari bahan polyflex yang terbatas, membuat desain yang dicetak pun menjadi terbatas ukurannya.
Baca Juga :  Cara Praktis Hitung Kebutuhan Kain Kaos

Dari penjelasan kekurangan dan kelebihan di atas, sudah dapat disimpulkan kedua jenis ini bisa menjadi pilihan untuk semua produksi kamu dan bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. Jika akan memproduksi kaos sablon dalam jumlah yang banyak kamu bisa memilih sablon Plastisol agar biaya produksinya lebih murah. Sedangkan jika kamu hanya akan memproduksi kaos dengan jumlah sedikit bahkan satuan kamu bisa menggunakan sablon Polyflex agar pengerjaannya juga lebih cepat.

Selain memilih jenis sablon yang tepat untuk kebutuhan produksi kamu, jangan lupa juga untuk memilih jenis bahan kaos yang sesuai untuk jenis sablon yang akan digunakan. Karena bahan kaos yang digunakan juga bisa mempengaruhi hasil dari sablonan pada kaos, pilih bahan kaos yang berkualitas baik dan jangan sampai hanya karena salah memilih bahan kaos membuat produk kamu tidak maksimal.

Semoga artikel ini bermanfaat ya.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : info@knitto.co.id

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur