Mengenal Serat Polyester dan Rekomendasi Kainnya

Serat poliester merupakan salah satu bahan untuk membuat kain. Ada dua jenis serat, yaitu serat alami dan serat buatan. Serat poliester merupakan serat yang termasuk dalam kategori serat buatan.

Serat poliester sering digunakan dalam pembuatan pakaian dan keperluan lainnya. Serat poliester dapat menjadi bahan dasar serat poliester 100% atau dicampur dengan serat lain seperti kapas dan serat lainnya. Yuk baca artikel ini untuk menambah wawasan dan mengenal lebih jauh tentang serat poliester!

serat poliester

Serat poliester adalah serat sintetis yang dibuat oleh manusia atau serat buatan. Serat poliester terbentuk dari zat etilen glikol dan asam tereftalat yang melalui proses kimia.

Serat poliester rentan meleleh pada suhu tinggi, tetapi termasuk di antara serat terkuat yang tidak mudah rusak dibandingkan dengan serat alami terkuat sekalipun. Serat poliester dapat digunakan sendiri atau dicampur dengan serat alami atau sintetis lainnya. Serat poliester dapat diolah dengan teknik tenun atau rajut yang pada akhirnya akan menghasilkan kain.

Karakteristik Serat Poliester

  1. Serat poliester cenderung awet dan tidak mudah rusak karena terbuat dari bahan kimia.
  2. Serat poliester memiliki permukaan yang licin sehingga kain yang terbuat dari serat ini lebih sulit kusut.
  3. Kain yang terbuat dari 100% serat poliester umumnya memiliki permukaan yang mengkilap.
  4. Kain yang terbuat dari serat poliester (murni atau campuran) cenderung lebih cepat kering.

Keunggulan Kain dengan Komposisi Serat Poliester

  1. Kain yang menggunakan serat poliester tidak mudah kusut atau kusut, bahkan yang terbuat dari 100% poliester tidak perlu disetrika.
  2. Kain yang menggunakan serat poliester cenderung lebih cepat kering, sehingga membutuhkan waktu lebih sedikit untuk mengeringkan pakaian.
  3. Kain poliester cenderung tahan terhadap lingkungan, tidak mudah berjamur, berwarna kuning, bahkan tahan terhadap serangga dan tidak mudah sobek.
  4. Cocok untuk menggunakan teknik printing kain terutama sublime
Baca Juga :  Kenapa Warna Kaos Bisa Luntur dan Pudar

Kekurangan Kain dengan Komposisi Serat Poliester

  1. Kain yang terbuat dari serat poliester cenderung lebih panas dan kurang bernapas.
  2. Saat terkena panas matahari atau disetrika dengan suhu tinggi, poliester bisa meleleh atau menyusut.
  3. Tidak nyaman dipakai dengan mereka yang memiliki masalah kulit atau alergi bahan kimia.
  4. Saat terkena cuaca panas dan terik, serat polyester yang sudah berbentuk pakaian akan membuat tubuh penggunanya terasa pegal.

Bagaimana Membedakan Serat Poliester?

Beberapa kain yang terbuat dari campuran serat poliester dan serat lainnya tidak selalu memiliki tampilan yang mengkilap atau glossy.

Untuk memastikan bahwa kain yang terbuat dari serat poliester atau campuran poliester dapat digunakan dengan membakar sedikit sampel kain.

Kain yang mengandung poliester akan menggumpal dan meleleh, meninggalkan warna kehitaman saat terkena panas.

Serat poliester sangat banyak digunakan di pasaran. Serat poliester dapat digunakan 100% atau dicampur dengan serat lain untuk membuat kain.

Ada banyak jenis kain poliester di dunia. Kain dengan komposisi serat poliester sangat mudah ditemukan.

Beberapa kain dengan komposisi serat poliester berkualitas dapat ditemukan di Knitto Textiles. Berikut rekomendasi bahan yang bisa kamu dapatkan di Knitto Textiles untuk kaos, polo shirt, dan jaket.

Kain yang Direkomendasikan dengan Serat Poliester tersedia di Knitto Textiles

Mengenal Serat Poliester dan Rekomendasi Kain

  1. Poliester Activedry

Poliester Activedry adalah kain yang terbuat dari 100% serat poliester. Kain ini sangat cocok digunakan sebagai bahan kaos olahraga karena mampu menyerap keringat meskipun terbuat dari serat polyester.

Kain ini juga sangat baik dalam menyerap cairan sehingga mudah kering kembali dalam waktu singkat. Activedry polyester juga terasa sejuk sehingga cocok digunakan saat berolahraga. Kain ini juga sangat cocok digunakan sebagai bahan sablon, terutama sablon sublimasi.

Baca Juga :  Mengenal Kain Slub, Bahan Kaos yang Bertekstur Unik

Mengenal Serat Poliester dan Rekomendasi Kain 2

2. CVC

Kain CVC terbuat dari dua jenis serat campuran, yaitu serat kapas 60% dan serat poliester 40%. Kain CVC ini mengandung lebih banyak serat kapas daripada serat poliester, sehingga nyaman digunakan karena permukaannya yang lembut dan mampu menyerap keringat dengan baik.

Kain CVC misty memiliki warna dasar abu-abu yang berasal dari bahan katun, warnanya bervariasi dari terang sampai gelap.

Mengenal Serat Poliester dan Rekomendasi Kain 3

3. CVC Twotone dan Threetone

Kain CVC Twotone dan Threetone termasuk dalam rangkaian kain mewah Knitto Textiles.

Kain ini terbuat dari campuran serat poliester dengan serat kapas. Twotone CVC memiliki ciri dua warna campuran yaitu warna dasar dan warna putih. Sedangkan CVC Threetone memiliki perpaduan tiga warna yaitu putih, hitam dan warna dasar.

Mengenal Serat Poliester dan Rekomendasi Kain

4. CVC Astro

CVC Astro adalah kain yang termasuk dalam rangkaian kain mewah Tekstil Knitto. CVC Astro terbuat dari dua serat campuran, serat poliester dan serat kapas. Kain ini memiliki ciri khas pada permukaan kainnya yaitu motif garis yang memiliki 2 campuran warna yaitu warna dasar dan putih.

Mengenal Serat Poliester dan Rekomendasi Kainnya 5

5. CVC Fuzy

CVC Fuzy adalah kain yang termasuk dalam jajaran kain mewah Knitto Textiles. CVC Fuzy terbuat dari 2 jenis serat campuran yaitu serat kapas dan serat poliester. Kain ini memiliki ciri khas yaitu pada permukaan kain terdapat bulu-bulu halus namun jangan khawatir bulu-bulunya tidak akan menimbulkan rasa gatal.

Mengenal Serat Poliester dan Rekomendasi Kain

6. CVC Slub Siro

CVC Slub Siro adalah kain yang termasuk dalam jajaran kain mewah Tekstil Knitto. Kain ini terbuat dari 2 jenis campuran serat, yaitu serat poliester dan serat kapas.

Kain ini dicirikan oleh struktur kainnya yang menebal dan menipis. Kain ini juga memiliki motif polkadot berwarna dan garis-garis putih.

Baca Juga :  7 Jenis Bahan Kaos Polos Yang Sering Digunakan

Mengenal Serat Poliester dan Rekomendasi Kainnya

7. CVC Pique Hexagon

CVC Pique Hexagon adalah kain yang terbuat dari 2 campuran serat yaitu serat kapas 60% dan serat poliester 40%.

CVC Pique Hexagon dicirikan oleh pola rajutannya yang berbentuk segi enam di permukaannya. Kain ini nyaman digunakan, sejuk, mudah menyerap keringat, dan cocok untuk pakaian formal maupun informal.

serat poliester

8. Bulu CVC

CVC Fleece merupakan kain yang terbuat dari 2 campuran serat yaitu serat kapas dan serat polyester. Meski terdapat serat polyester, namun kain ini tetap mampu menyerap keringat dengan cukup baik, sehingga tidak terasa panas saat digunakan. Kain CVC Fleece memiliki ciri khas pada bagian dalam yang memiliki bulu yang lembut.

serat poliester

9. Polyester Scuba

Polyester Scuba adalah kain yang terbuat dari 100% serat polyester. Kain Polyester Scuba merupakan kain yang kurang mampu menyerap keringat atau air dengan baik, cenderung alot. Kain Polyester Scuba memiliki karakteristik struktur kain yang cukup tebal dan fleksibel.

Jadi bagaimana? Sekarang Anda semakin tahu, apa kelebihan dan kekurangan serat poliester? Polyester tidak selalu panas dan kurang nyaman digunakan, kain dengan serat polyester bisa nyaman digunakan jika komposisi kainnya tepat dan terbuat dari bahan baku yang baik dan berkualitas.

Lihat katalog kain berkualitas lainnya di situs web Knitto Textile, dan unduh e-katalog gratis!

TOKO BAHAN T-shirt KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No.15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No.35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN T-SHIRT KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO MATERIAL T-shirt KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

WhatsApp Resmi: 082120003035

Email : info@knitto.co.id

Jam buka

Senin – Jumat: 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu: 08.30 – 14.30 WIB

Minggu: Libur

PT Knitto Textile Indonesia
BELI SEKARANG