Nama Nama Ukuran Baju Yang Harus Kamu Tau


BELI SEKARANG

Saat membeli pakaian, hal yang pertama akan diperhatikan oleh orang-orang pasti model dari pakaian tersebut, warna pakaiannya, dan yang paling penting ukuran bajunya. Dari beberapa hal yang sering dipertimbangkan oleh seseorang ketika akan membeli pakaian, memang ukuran adalah hal yang paling krusial. Bagaimana tidak, karena jika ukuran baju yang kamu inginkan tidak sesuai dengan yang biasa kamu gunakan atau tidak pas untuk ukuran tubuh kamu tentu akan percuma juga karena pakaian tersebut tidak bisa kamu gunakan atau kamu beli.

Berbicara tentang ukuran baju, berikut ini nama nama ukuran baju yang mungkin perlu untuk kamu ketahui agar tidak bingung ketika mau membeli baju, terlebih ada beberapa jenis ukuran baju yang biasa digunakan dan juga penamaan ukuran yang juga berbeda.

Nama Nama Ukuran Baju 

Sebelum Minto mulai menjelaskan tentang nama nama ukuran baju, mungkin kita akan bahas dulu dari mana asal usul standar ukuran pakaian yang kita gunakan saat ini.

Sejarah Ukuran Baju

Cara menjahit, pola-pola untuk pakaian yang kita gunakan saat ini, ditemukan pertama kali oleh Juan de Alcega, seorang penjahit sekaligus ahli matematika yang berasal dari Spanyol. Hingga sampai abad ke 19, pakaian biasanya dipesan terlebih dahulu dan memang hanya diproduksi untuk per-individu.

Mulai dari awal 1800-an, penjahit mulai memproduksi pakaian jadi tanpa harus mengukur perorangan lebih dulu, melainkan sudah menggunakan ukuran standar ini. Dengan berjalannya waktu, cara pembuatan pakaian juga jadi lebih simple. Di beberapa negara pun standar ukuran bisa jadi berbeda-beda, maka dari itu kita dapat menemukan berbagai penamaan standar ukuran pakaian. Sebagai contoh, terdapat teknik Alpha Sizing yang mulai dikenal pada tahun 1996. 

Baca Juga :  Cara Membedakan Jenis Kain Hoodie Fleece dan Baby Terry

Setelah membahas sejarahnya, yuk kita mulai bahas apa saja nama nama ukuran baju yang saat digunakan di industri clothing.

Alpha Sizing atau Letter Sizing

Alpha Sizing adalah ukuran pakaian seperti: XS, S, M, L, XL, XXL dan seterusnya. Ukuran pakaian dengan Alpha sizing bisa mencakup berbagai jenis ukuran tubuh manusia. Kebanyakan produsen pakaian di Indonesia menggunakan jenis ukuran ini. Pakaian seperti Kaos, Sweatshirt, Hoodie, dan Legging biasanya menggunakan Alpha Sizing.

nama nama ukuran baju

Beberapa perusahaan pakaian memang tidak selalu menyediakan ukuran “Plus Size” seperti XXL, karena jumlah customer dari pengguna ukuran ini yang tidak terlalu banyak juga biaya yang dikeluarkan untuk menyediakan ukuran pakaian ini lebih besar juga.

Alpha Sizing atau Letter Sizing biasanya memang digunakan untuk pakaian yang “stretchable” atau pakaian yang cukup lentur ya. Jika dibandingkan dengan pakaian yang menggunakan ukuran lain atau ukuran fix, pakaian dengan alpha sizing ini terhitung sebagai pilihan yang lebih hemat atau lebih murah untuk produksinya karena bahan yang digunakan lebih sedikit, selain itu kebutuhan produksi lainnya seperti penggunaan labelnya pun lebih sedikit, karena ketersediaan ukuran yang sedikit.

Alpha sizing juga sebenarnya dapat mencakup ukuran tubuh yang lebih luas atau beberapa ukuran tubuh dari 1 jenis ukurannya, tapi memang nantinya tidak akan se fit-in pakaian yang menggunakan numeric sizing. Selain itu pakaian dengan ukuran ini juga kurang memperhatikan detail, tidak seperti pakaian yang menggunakan nama nama ukuran  baju numeric.

Numeric Sizing 

Numeric Sizing biasanya menggunakan angka sebagai ukurannya contoh: 0, 2, 4, 6, 7, 10, dst. Jenis pengukuran seperti ini biasanya digunakan di beberapa negara, dan setiap negara mempunyai rentang ukuran angka yang berbeda-beda. Di Amerika nama nama ukuran baju nya juga menggunakan Angka seperti 0, 2, 4, 6, 8, 10 dan seterusnya. Sedangkan di Eropa nama nama ukuran baju menggunakan angka yang lebih relevan dengan ukuran tubuh sebenarnya seperti 34, 36, 38, 40, 42.

Baca Juga :  Bahan Kaos Olahraga Terbaik Anti Apek

Numeric Sizing biasanya digunakan untuk jenis-jenis pakaian yang lebih formal, atau pakaian yang mempunyai ukuran yang pas. Untuk membuat pakaian dengan numeric sizing sebenarnya dibutuhkan biaya yang lebih besar, karena jika membuat pakaian dalam numeric sizing yang lengkap setidaknya sekitar 8-10 ukuran harus dibuat sehingga, bahan baku serta perlengkapannya dibutuhkan lebih banyak lagi, jadi pastinya budget pun akan lebih besar.

Setiap ukuran dari pakaian yang menggunakan numeric sizing hanya dapat digunakan oleh beberapa ukuran tubuh customers, jangkauannya tidak terlalu luas, sehingga akan adanya kemungkinan atau resiko kelebihan atau sisa stock dari setiap ukurannya.

All Size 

Selain Alpha atau Letter Sizing dan Numeric Sizing sebenarnya masih ada satu jenis ukuran yang mungkin kamu juga pernah menemukannya ketika berbelanja, dan ukuran ini disebut dengan “All Size”

Apakah maksud dari ukuran ini, semua ukuran tersedia atau pakaian tersebut dapat digunakan oleh semua jenis ukuran?

Ukuran allsize bukanlah sebuah pernyataan jika semua ukuran ada, tapi maksudnya adalah ukuran rata-rata dari besar badan secara keseluruhan orang Indonesia. Ukuran rata-rata ini berada diantara ukuran M dan L. Terkadang all size pun bisa melebihi ukuran L dan atau bisa kurang dari ukuran M. Sehingga hal ini menunjukan bahwa ukuran all size merupakan ukuran yang tidak secara pasti berapa panjang dan lebarnya. Meskipun ukuran All Size yang lebih sering dipakai itu adalah rata-rata dari ukuran M dan L tapi ukuran all size juga bisa untuk ukuran rata-rata S dan M atau ukuran L dan XL. 

Baca Juga: Jenis-Jenis Label untuk Kaos

Tips Memilih Ukuran Baju Yang Tepat 

Setelah mengetahui apa saja ukuran atau nama nama ukuran baju yang ada di pasaran mungkin kamu juga perlu mengetahui bagaimana cara untuk memilih ukuran baju yang tepat untuk kamu pakai, agar tidak terlalu kekecilan maupun terlalu besar. 

  • Pertama, ketahui dulu bagaimana cara untuk mengukur badan dan bagian mana saja yang harus diukur, seperti: lingkar dada, lingkar pinggang, lingkar pinggul, dll.
  • Jangan langsung percaya dengan ukuran pakaian yang tertera, sebaiknya kamu cari tahu ukuran secara detailnya.
  • Jika kamu merasa pakaian ini tidak akan muat atau memang tidak terdapat ukuran pasti pada keterangan baju nya, sebaiknya jangan paksakan untuk membeli.
  • Cari tahu jenis bahan yang digunakan, apakah akan menimbulkan perubahan ukuran setelah di cuci atau tidak. 
  • Untuk mendapatkan ukuran terbaik memang sebaiknya baju tersebut kamu coba secara langsung, kecuali jika kamu membeli nya secara online. 
  • Pilih toko atau seller yang menerima untuk penukaran atau pengembalian barang jika seandainya baju tersebut ternyata tidak muat.
Baca Juga :  Mana yang Lebih Baik, Serat Kapas atau Serat Linen?

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : info@knitto.co.id

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur