Perbedaan Hoodie dan Jaket, Serta Tips Perawatannya


BELI SEKARANG

Seringkali kita menggunakan satu jenis nama pakaian ini untuk semua kategori pakaian hangat yaitu “Jaket”, padahal mungkin yang sebenarnya mau kamu gunakan adalah Sweater atau Hoodie. Hal yang seperti ini yang biasanya membuat bingung ketika akan memilih atau membeli jika kamu hanya menyebutkan jaket saja tanpa keterangan spesifik jaket yang seperti apa, apakah kamu ingin Hoodie, Sweater atau jenis jaket lainnya? Bisa-bisa kamu salah membeli nantinya. Maka dari itu kamu harus mengetahui apa perbedaan Hoodie dan Jaket juga jenis jaket lainnya yang ada di pasaran agar kamu tau lebih spesifik dan bisa membedakannya dengan mudah.

Baca Juga: Memilih Bahan Jaket Hoodie Yang Hangat dan Nyaman

Berikut ini adalah penjelasan dari perbedaan hoodie dan jaket juga macam-macam bahan untuk jaket yang bisa kamu gunakan.

Apa itu Jaket?

Jaket adalah pakaian hangat yang mempunyai ciri tebal dan biasanya mempunyai panjang sampai ke pinggang atau pinggul. Karena jaket cenderung tebal maka bahan yang harus digunakan untuk membuat jaket pun harus tebal, biasanya digunakan bahan seperti katun, fleece, terry, kulit, denim, parasut dan canvas. Jaket harus menggunakan bahan yang tebal agar tahan terhadap udara dingin, atau angin. Beberapa jaket mempunyai variasi dan pembuka pada bagian depannya dengan menggunakan resleting atau tali dan kancing.

Apa itu Hoodie?

Hoodie, berasal dari kata hood yang diambil dari bahasa inggris yang artinya penutup kepala atau tudung. Seperti namanya pakaian hangat ini mempunyai tudung atau penutup kepala, yang juga di variasikan dengan adanya tali sebagai penyesuai penutup kepala nya saat digunakan.

Hoodie juga mempunyai dua jenis yaitu Hoodie Zipper dan Hoodie Unzipper. Hoodie Zipper yaitu jaket dengan penutup kepala yang menggunakan resleting sebagai pembuka di bagian depannya.

Baca Juga :  Apakah Kain Knit Single Knit hanya untuk Bahan Kaos Saja?

Hoodie Unzipper tentu jaket dengan penutup kepala yang tidak menggunakan resleting pada bagian depannya.

Apa Perbedaan Hoodie dan Jaket?

Dari penjelasan di atas perbedaan hoodie dan jaket terletak pada bentuk dari pakaian hangat ini. Hoodie adalah pakaian hangat yang mempunyai penutup kepala sedangkan jaket tidak. Sesimple itu sebenarnya perbedaan hoodie dan jaket, serta yang juga membedakannya adalah bahan yang digunakan untuk membuat jaket dan hoodie ini. 

Jenis-jenis Jaket Yang Sedang Viral Di Pasaran

Berikut ini adalah jenis-jenis jaket yang sedang digandrungi para Millennials dan Gen-Z, yang sepertinya menjadi fashion items yang wajib ada dilemari para anak muda.

  1. Windbreaker

Jenis yang pertama adalah Windbreaker, yaitu jenis jaket yang memang didesain khusus untuk menahan angin dingin dan hujan. Jaket ini kembali diminati ketika tren berpakaian seperti tahun 90-an muncul lagi ke permukaan sekarang ini. Jaket Windbreaker biasanya dibuat dari bahan parasut, taslan, atau polyester. 

Pada jaket windbreaker biasanya terdapat karet elastis di bagian pergelangan tangan, kerah untuk melindungi leher, serta hoodie untuk menutupi kepala, tetapi ada juga jaket windbreaker yang tidak menggunakan penutup kepala. 

  1. Bomber

Jaket Bomber juga merupakan salah satu jaket yang sekarang ini masih dipilih oleh kalangan muda. Desain dari jaket ini memang sedikit “bulky” di bagian badannya atau terkesan menggembung. Di awal kemunculan jaket ini biasanya digunakan oleh para pilot, tapi sekarang semua orang juga senang menggunakan jenis pakaian hangat ini.

  1. Varsity

Varsity adalah salah satu jenis jaket yang sedang viral. Varsity jacket dengan model, desain dan gambar-gambar team olahraga baseball dan basket yang sekarang ini sedang sangat diminati oleh para warganet.

  1. Jaket Denim

Jaket Denim, siapa yang tidak suka dengan jenis jaket ini? Hampir semua orang sepertinya memiliki jaket denim, dan jaket ini menjadi viral kembali setelah tokoh “Dilan” menjadi idola masyarakat, selain itu juga karena jaket ini pun mudah untuk dipadupadankan dengan berbagai macam outfit seperti kaos, polo shirt begitu juga kemeja.

Baca Juga :  7 Warna Baju Yang Cocok Untuk Kulit Gelap

Masih banyak lagi jenis jaket yang ada di pasaran dan sedang disukai oleh kalangan muda saat ini.

Bahan Untuk Membuat Hoodie

Jika kamu mempunyai keinginan untuk membuat Hoodie sendiri, hal yang pertama harus kamu lakukan adalah ketahui terlebih dahulu bahan apa yang harus digunakan untuk membuat hoodie tersebut. Berikut ini beberapa jenis bahan hoodie yang bisa kamu gunakan, dan juga sudah tersedia di Knitto Textiles yang ada di Bandung, Yogyakarta dan Semarang.

Ada 3 jenis bahan Hoodie yang bisa kamu gunakan yaitu:

Cotton Combed Baby Terry

Kain yang dibuat dari 100% serat Cotton Combed Premium, yang mana mempunyai tekstur yang sangat halus dan lembut. Kain ini sangat unik, karena pada bagian luar kain ini tampak seperti bahan kaos pada umumnya sedangkan bagian dalam kainnya terdapat struktur kain yang menyerupai “loop” benang dan jenis bahan ini sebenarnya tidak terlalu tebal seperti bahan jaket lainnya, namun tetap bisa menghangatkan tubuh. 

Jenis kain Baby Terry sebenarnya bisa dibuat dari jenis bahan apa saja, hanya saja yang tersedia di Knitto adalah Baby Terry dengan bahan Combed karena kami ingin menyajikan bahan terbaik untuk kamu.

Cotton Combed Fleece

Tidak kalah unik nya dengan bahan Baby Terry, Fleece sama-sama mempunyai permukaan luar dan dalam yang berbeda. Pada kain Fleece permukaan luarnya sama seperti bahan kaos pada umumnya, tetapi pada bagian dalam kainnya mempunyai bulu halus yang hangat dan membuat nyaman saat digunakan. Bahan dasar yang digunakan untuk membuat kain ini adalah 100% serat Cotton Combed Premium.

Heavy Cotton Combed Fleece

Jenis kain yang bisa kamu gunakan sebagai pilihan lain untuk membuat hoodie. Dari segi bahan dasar pembuatan kainnya tidak ada yang berbeda dengan kain Cotton Combed Fleece yang ada di Knitto, yang membedakan adalah ketebalan dan gramasi dari kain ini. Gramasi dari kain Heavy Cotton Combed Fleece adalah 330-350 gsm, sedangkan kain Fleece yang biasa adalah 280-290 gsm, sehingga terlihat kan jika kain Heavy Cotton Combed Fleece itu sangat tebal.

Baca Juga :  Kenali 5 Perbedaan Bahan spandek dan Baby Terry serta Kegunaan Masing-Masing Kain

CVC Fleece 

Kain Fleece yang dibuat dari serat campuran Cotton dan Polyester, kain ini termasuk ke dalam jenis bahan semi-sintetis. Apakah kainnya nyaman untuk digunakan? Tentu saja, meskipun kain ini mempunyai campuran Polyester tapi tenang, kain CVC Fleece tetap nyaman dan aman digunakan, selain itu juga campuran serat Cotton nya masih lebih banyak kan? Daya serap kainnya pun tetap baik dan tidak terasa panas saat digunakan.

Semoga penjelasan kami tentang perbedaan hoodie dan jaket, lalu jenis-jenis jaket, serta jenis bahan yang bisa digunakan untuk membuat hoodie ini bermanfaat untuk teman-teman Knitto diluar sana. 

Jangan lupa kamu bisa kunjungi toko bahan kaos Knitto yang ada di Bandung, Yogyakarta dan Semarang untuk mendapatkan produk unggulan dan berkualitas dengan harga yang pas di kantong.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : info@knitto.co.id

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur