Quality Control dalam Industri Konveksi


BELI SEKARANG

Quality Control dalam Industri Konveksi – Dalam setiap usaha konveksi atau industri manufaktur lainnya, tentu terdapat proses quality control. Apa itu quality control? Quality control merupakan sebuah proses yang mengidentifikasi cacat atau kesalahan produksi yang dapat mengkategorikan produk tersebut menjadi produk reject. Dalam artikel kali ini, Minto akan kupas apa itu proses quality control dan hal-hal seputar quality control yang perlu kamu tahu.

Quality Control VS Quality Assurance

Dalam industri manufaktur, umumnya quality control dan quality assurance tentunya harus digunakan dan dijalankan dengan baik. Apa itu quality control? Quality control merupakan sebuah proses yang mencari atau mengidentifikasi kecacatan dan kesalahan produksi pada produk yang dibuat. Lalu apa itu quality Assurance? Quality Assurance adalah proses pencegahan terjadinya kecacatan pada tahap-tahap produksi.

Singkatnya, quality control adalah sebuah proses mencari cacat di produk yang sudah ada, dan quality assurance adalah proses pencegahan cacat saat produksi produk berjalan sehingga produk sesuai standar.

Proses quality control bertujuan untuk menemukan produk yang tidak sesuai standar sehingga dikategorikan barang reject atau tidak layak jual. Quality Assurance merupakan proses pencegahan kecacatan produk yang dapat meyakinkan sang konsumen yang menggunakan jasa manufaktur sehingga hasil akhir produk sesuai standar.

Apa Fungsi dari Quality Control?

Proses quality control sangat berguna dan bermanfaat dalam industri manufaktur. Berikut fungsi dari proses quality control:

  1. Memastikan produk hasil akhir berkualitas sesuai standar yang sudah ada.
  2. Menaikkan rasa percaya pada konsumen yang memakai jasa manufaktur tersebut.
  3. Meningkatkan rasa puas konsumen karena memakai jasa yang terpercaya.
  4. Menaikan kredibilitas sang pemilik usaha sehingga nama usaha akan semakin berkembang dengan baik.
Baca Juga :  Konversi Panjang Kain Cotton Combed per Kilogram ke per Meter

Nah, itulah alasannya kenapa quality control ini sangat penting dalam sebuah industri manufaktur seperti konveksi.

Apa Saja yang Harus Diperiksa saat Quality Control?

Quality Control

Terdapat beberapa hal yang perlu kamu cek saat proses quality control atau QC. Berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan.

  1. Kain atau bahan baku: apakah terdapat bolong, noda, bau, warna tidak merata, dan lain-lain.
  2. Aksesoris pelengkap: cacat produk, warna tidak sesuai, ukuran tidak sesuai, dan lain-lain
  3. Cutting atau pola: ukuran tidak sesuai, ukuran tidak cocok, dan lain-lain.
  4. Jahitan: jahitan putus, tidak rapi, noda kotor, berkerut, ukuran berubah, dan lain-lain.
  5. Finishing: salah pasang tag, kain rusak karena salah finishing, kain sisa, benang sisa, noda kotor, dan lain-lain.
  6. Hasil Akhir: apakah pakaian sudah sesuai desain dan ukuran yang diminta dan sesuai standar sehingga layak jual.

Macam-Macam Defect pada Produk Reject

Ketika menemukan cacat produk pada saat proses quality control, sudah dipastikan produk tersebut masuk kedalam kategori produk reject atau tak layak jual. Terdapat berbagai kelas atau jenis defect, berikut adalah jenis-jenis defect pada pakaian.

  1. Critical Defect: cacat produk yang dapat membahayakan sang pengguna produk, misalnya ada benda tajam seperti patahan jarum.
  2. Major Defect: cacat produk yang berasal dari bahan baku atau material kain dan aksesoris pelengkap, misalnya resleting jebol dan kain bernoda.
  3. Minor Defect: cacat produk yang tidak terlalu terlihat dan tidak menurunkan kualitas produk, misalnya seperti jahitan loncat, noda kecil. 

Cara Meminimalisir Defect Produk

Terdapat berbagai cara untuk meminimalisir reject, seperti memilih penjahit yang memiliki kemampuan menjahit yang baik dan teliti, rutin melakukan servis alat jahit dan produksi, dan memilih bahan baku yang sudah dijamin kualitasnya.

Baca Juga :  Perbedaan Bahan Kaos Polyester dan Cotton

Di Knitto Textiles, kamu bisa menemukan berbagai jenis kain knit atau rajut lho. Kain yang dijual antara lain adalah kain untuk material kaos dan jaket. Kualitasnya dijamin juara, dapat dilihat dari cabangnya yang sudah buka di kota besar lainnya selain Bandung.

Knitto Textiles juga merupakan pelopor toko kain yang menyediakan warna pastel. Pengalaman bertahun-tahun menjadikan Knitto Textiles tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Knitto Textiles menyediakan banyak kategori kain, seperti kain plain, kain premium, kain fancy, kain terry, kain polyester, kain pique, dan kain fleece. Knitto Textiles menyediakan hingga 100 variasi warna pilihan yang menarik dalam berbagai ketebalan atau gramasi kain.

bahan sablon polyflex

Temukan berbagai bahan knit kaos dan jaket seperti Cotton Combed dan Cotton Bamboo berkualitas hanya di Knitto Textiles. Sudah beroperasi lama dan mempunyai banyak cabang, produk-produk Knitto Textiles tentunya tidak perlu diragukan lagi.

Kunjungi toko Knitto Textiles terdekat untuk melihat dan merasakan handfeel berbagai macam kain berkualitas. Kamu juga bisa download e-katalog Knitto Textiles secara gratis di website official Knitto Textiles.

Tunggu apa lagi? Penuhi segala kebutuhan bahan kaos dan jaket kamu hanya di Knitto Textiles!

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : info@knitto.co.id

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Baca Juga :  8 Jenis Mesin Jahit Terbaik Untuk Pakaian

Minggu : Libur