Sebelum Beli Baju Online, Kenali Dulu 7 Jenis Bahan Kain Baju Ini


BELI SEKARANG

Sebelum Beli Baju Online, Kenali Dulu 7 Jenis Bahan Kain Baju Ini – Di zaman yang sudah serba digital seperti sekarang ini, kegiatan berbelanja yang biasanya harus pergi ke mall atau toko-toko baju sudah bisa dilakukan dari rumah saja alias secara online. Dengan bermodalkan smartphone dan kuota internet, kamu sudah bisa mendapatkan baju yang kamu inginkan, meskipun harus menunggu beberapa hari sampai baju tersebut sampai ke tangan kamu.

Meskipun seringnya ketika membeli baju secara online datang kekhawatiran seperti apakah size atau ukurannya akan pas atau tidak? Lalu apakah bahannya sesuai dengan yang di deskripsikan atau tidak dan terakhir apakah bahannya nyaman atau tidak?

Maka dari itu kunci saat berbelanja online selain mengetahui dengan pasti ukuran tubuh, kamu juga harus tahu bagaimana karakter bahan kain baju yang akan kamu gunakan.

Berikut ini adalah karakteristik bahan kain baju yang harus kamu tahu dan sering sekali digunakan sebagai bahan baku pakaian.

Karakteristik Jenis Bahan Kain Baju

  1. Katun 

Katun adalah salah satu bahan pakaian yang fungsinya luar biasa sangat banyak, bukan hanya bahan untuk 1 pakaian saja, berbagai macam pakaian bisa dibuat menggunakan bahan katun. Katun sejatinya dibuat dari kapas, dan tahukah kamu menurut sejarahnya kapas adalah tanaman yang sudah ditemukan sekitar 6.000 SM di India dan Pakistan.

Karakteristik dari kain Katun yang membuat kain ini banyak dipilih dan digunakan oleh orang-orang sebagai bahan dasar untuk membuat pakaian. 

Karakteristik kain katun sangat nyaman dipakai, adem dan mudah menyerap keringat, tekstur dari kainnya pun biasanya halus dan lembut.

Kain katun juga mempunyai jenis yang cukup beragam, seperti yang ada di Knitto Textiles. Kain yang menggunakan bahan katun terdapat beberapa jenis seperti:

  • Cotton Combed: Bahan Cotton Combed dibuat murni dari 100% serat kapas alami. Bahan Combed mempunyai karakteristik dan tekstur yang sangat baik, halus dan lembut, permukaan kainnya rata, menyerap keringat dengan baik, dan patut dipertimbangkan sebagai salah satu jenis-jenis bahan kaos yang ada di pasaran.
  • Cotton Carded: Bahan kaos ini adalah bahan kaos yang juga sama dibuat dari 100% serat kapas hanya saja proses pembuatannya berbeda dengan Combed karena kain ini hanya melewati proses penggarukan saja, sehingga tekstur kainnya masih sedikit kasar, akan tetapi daya serapnya bagus dan tetap nyaman dipakai.
  • U.S. Pima Cotton: Bahan ini juga mempunyai kandungan 100% serat kapas, kualitasnya berbeda dengan dua kain sebelumnya karena lebih baik atau premium. Dibuat dari serat kapas yang sangat langka yang mana produksinya hanya 1% dari total produksi kapas dunia.
  1. Denim
Baca Juga :  6 Rekomendasi Jenis Sablon Kaos Digital

Denim atau dikenal sebagai jeans adalah jenis kain yang terbuat dari serat yang sangat kuat, cukup tebal tetapi mudah untuk dicuci.

Meski identik sebagai bahan jaket atau celana, saat ini denim juga banyak digunakan sebagai bahan pakaian sehari-hari seperti rok atau casual dress.

Umumnya, warna kain ini adalah biru. Namun, seiring perkembangan zaman, kini denim hadir dalam beberapa pilihan warna.

  1. Linen

Linen adalah kain yang sangat kuat dan ringan yang dibuat dari tanaman rami. Kata “Linen” diambil dari nama latin untuk rami yaitu “Linum Usitatissimum”. Tanaman Rami dipercaya akan sangat baik jika di tanam di negara Prancis dan Belgia, hanya saja banyak negara lain yang juga membudidayakan tanaman Rami.

Linen merupakan serat alami, sama seperti kapas hanya saja proses untuk panen dan dibuat menjadi kainnya memakan waktu yang lebih lama, karena serat rami termasuk yang sulit untuk ditenun.

Karakteristik Kain Linen, yaitu mempunyai daya serap yang sangat baik, kainnya yang breathable membuat pakaian dari kain ini nyaman digunakan di cuaca yang panas. Kain Linen juga bukan termasuk jenis kain yang elastisitasnya baik dan kain ini tidak mudah menyusut meskipun sudah dicuci berulang kali. Tekstur dari kain ini lembut, dan uniknya kain ini akan semakin lembut jika semakin sering dicuci.

Linen juga merupakan kain yang termasuk ke dalam kategori kain ramah lingkungan.

  1. Rayon

Rayon adalah serat selulosa semi-sintetis yang digunakan salah satunya sebagai bahan pakaian. Meskipun rayon terbuat dari bahan alami (seperti pohon beech atau bambu), rayon mengalami proses kimia yang intensif, sehingga kita menyebutnya sebagai bahan semi-sintetis. Bahan Rayon ini bisa menjadi pilihan lain jika dirasa kain Sutra terlalu mahal, bahan ini juga mempunyai kualitas yang sangat bagus, seperti halus dan lembut, berkilau pada permukaan kainnya, dapat menyerap keringat dan kelembaban dengan baik. 

  1. Sutra
Baca Juga :  Apa Perbedaan Serat Sintetis dan Semi Sintetis?

Kain sutra yang paling terkenal adalah sutra Cina yang teksturnya lebih tebal namun permanen terasa ringan saat digunakan. Tetapi, kain sutra dikenal mempunyai harga yang mahal jadi jangan lupa pertimbangkan isi dompetmu juga ya.

Sutra merupakan jenis kain yang terbuat dari kepompong ulat sutra. Tampilan dari kain ini terlihat mewah dan berkelas dengan efek mengkilap dari permukaan kainnya yang natural.

Umumnya permukaan kain ini tipis dan mampu menyerap air sehingga membuat bahan kain ini mudah sobek. Maka dari itu kamu harus lebih berhati-hatian saat menjahit, menggunakan, dan mencuci bahan yang satu ini.

  1. Viscose

Viscose atau lebih dikenal dengan Viscose Rayon adalah salah satu jenis dari kain semi-sintetis yang dibuat dari serat kayu, dan sering digunakan sebagai pengganti dari sutra, karena kain ini mempunyai tekstur yang halus dan terlihat mewah. Karakteristik dari kain ini adalah daya serapnya yang baik dan tidak menahan panas, terasa ringan saat digunakan, tetapi memang kain ini kurang elastis juga tidak lebih tahan lama dibandingkan dengan jenis rayon lainnya, satu hal lagi, kain viscose rayon juga cenderung mudah menyusut.

  1. Kain Spandex

Kain Spandex ini adalah sejenis bahan pakaian yang dibuat dari serat buatan atau serat sintetis yaitu polymer yang mengandung polyurethane (sejenis material sintetis yang sangat lentur). Kain Spandex mempunyai elastisitas yang sangat baik dengan daya tarik sampai 500% atau lima kali panjang ukuran normalnya. 

Istilah nama Spandex digunakan di negara-negara seperti Amerika dan Kanada, dan negara lainnya termasuk Eropa dan Indonesia. Tapi jika di Inggris kain jenis ini disebut juga dengan sebutan Lycra yang merupakan merek dagang dari bahan Spandex ini sendiri. Biasanya bahan ini dipakai sebagai bahan untuk baju olahraga atau legging untuk perempuan.

Baca Juga :  Rekomendasi Bahan Kaos yang Nyaman dan Berkualitas

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : info@knitto.co.id

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur